News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Theresia Rasakan Kemudahan BPJS Keliling

Theresia Rasakan Kemudahan BPJS Keliling


WARTAJOGJA.ID– BPJS Kesehatan senantiasa berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik mulai dari segi pelayanan kesehatan hingga pelayanan administrasi. Hal ini agar setiap peserta dapat merasakan layanan prima yang mudah, cepat dan setara. Peserta diharapkan memiliki banyak pilihan untuk mengurus kepesertaannya.

Titik layanan administrasi kini tidak lagi terpusat di kantor cabang BPJS Kesehatan. BPJS Keliling  menjadi salah satu langkah inovasi jemput bola yang diambil untuk mendekatkan layanan administrasi kepada peserta. BPJS Keliling hadir di tengah masyarakat menggunakan mobil layanan dan datang ke titik-titik lokasi strategis yang mudah dijangkau peserta. 

Theresia Widarti salah satu warga Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta telah merasakan kemudahan mengakses layanan administrasi di BPJS Keliling. Ditemui saat mengurus perubahan data di BPJS Keliling, Theresia senang tak perlu pergi jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaannya.

“Saya tahu informasi BPJS Keliling datang ke Kemantren Ngampilan dari WhatsApp group warga. Ada informasi dibagikan di WhatsApp tersebut. Kebetulan saya ada keperluan perubahan data jadi saya datang kesini dari pagi. Bahkan petugasnya belum sampai sudah saya tungguin,” kata Theresia senang usai mendapatkan layanan administrasi BPJS Keliling di Pendopo Kemantren Ngampilan, Senin (29/04).

Theresia bercerita, ia mengurus perubahan data Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) milik keluarganya. Ia pun sejak lama telah menjadi peserta JKN. Awalnya ia terdaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan kemudian kini beralih ke Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Menurut saya mengurus kepesertaan di BPJS Keliling ini lebih mudah dan cepat. Lokasinya juga dekat dengan rumah sehingga memudahkan. Tadi merubah FKTP juga sudah berhasil dibantu oleh petugas yang datang,” kata Theresia.

Theresia menambahkan, selain mengurus administrasi kepesertaan di BPJS Keliling ia juga pernah memiliki pengalaman mengurus administrasi langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan. Menurutnya tak ada yang berbeda antara layanan di kantor dengan layanan di BPJS Keliling. Keduanya ia rasa sama-sama baik dan memuaskan. 

“Saya juga pernah datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta. Disana pelayanannya juga bagus dan pelayanannya cepat. Apalagi sekarang ada BPJS Keliling jauh lebih nyaman bagi kami,” tambah Theresia.

Sebagai alternatif, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan non tatap muka lainnya yang bisa diakses peserta dari mana saja. Tersedia Care Center 165 yang bisa dihubungi 24 jam. Serta ada pula Aplikasi Mobile JKN dengan beragam menu dan kemudahan dalam satu genggaman. Perubahan data, KIS Digital dan pengambilan antrean online di fasilitas kesehatan dapat dilakukan di aplikasi ini.

Tak berhenti disitu, terdapat Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) yang tersedia di nomor 08118165165. Peserta cukup mengetik Pandawa dan dapat memilih beragam kebutuhan diantaranya pilihan Administrasi, Informasi dan Pengaduan. Isikan formulir sesuai kebutuhan, unggah dokumen yang diperlukan dan tunggu hingga prosesnya selesai. 

Selain memanfaatkan kemudahan BPJS Keliling, Theresia juga telah merasakan manfaat penjaminan Program JKN di rumah sakit. Ia pernah mendapatkan penjaminan di beberapa rumah sakit karena nyeri pinggang yang dideritanya.

“Saya pernah memanfaatkan di beberapa rumah sakit karena saya ada keluhan low back pain yang cukup menganggu. Selain itu ada juga keluhan kesemutan yang tidak hilang karena dulu saya pernah menjalani operasi sekitar tahun 1999. Efeknya baru saya rasakan sekarang, kesemutan di kaki akhirnya tidak hilang-hilang,” tutup Theresia

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment