Theresia Rasakan Kemudahan BPJS Keliling
WARTAJOGJA.ID– BPJS Kesehatan
senantiasa berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik mulai dari segi
pelayanan kesehatan hingga pelayanan administrasi. Hal ini agar setiap peserta
dapat merasakan layanan prima yang mudah, cepat dan setara. Peserta diharapkan
memiliki banyak pilihan untuk mengurus kepesertaannya.
Titik layanan administrasi kini tidak lagi
terpusat di kantor cabang BPJS Kesehatan. BPJS Keliling menjadi salah satu langkah inovasi jemput
bola yang diambil untuk mendekatkan layanan administrasi kepada peserta. BPJS
Keliling hadir di tengah masyarakat menggunakan mobil layanan dan datang ke
titik-titik lokasi strategis yang mudah dijangkau peserta.
Theresia Widarti salah satu warga Kemantren
Ngampilan, Kota Yogyakarta telah merasakan kemudahan mengakses layanan
administrasi di BPJS Keliling. Ditemui saat mengurus perubahan data di BPJS
Keliling, Theresia senang tak perlu pergi jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk
mengurus kepesertaannya.
“Saya tahu informasi BPJS Keliling datang ke
Kemantren Ngampilan dari WhatsApp group
warga. Ada informasi dibagikan di WhatsApp tersebut. Kebetulan saya ada
keperluan perubahan data jadi saya datang kesini dari pagi. Bahkan petugasnya
belum sampai sudah saya tungguin,”
kata Theresia senang usai mendapatkan layanan administrasi BPJS Keliling di
Pendopo Kemantren Ngampilan, Senin (29/04).
Theresia bercerita, ia mengurus perubahan
data Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) milik keluarganya. Ia pun sejak
lama telah menjadi peserta JKN. Awalnya ia terdaftar sebagai peserta Pekerja
Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan kemudian kini beralih ke
Penerima Bantuan Iuran (PBI).
“Menurut saya mengurus kepesertaan di BPJS
Keliling ini lebih mudah dan cepat. Lokasinya juga dekat dengan rumah sehingga
memudahkan. Tadi merubah FKTP juga sudah berhasil dibantu oleh petugas yang
datang,” kata Theresia.
Theresia menambahkan, selain mengurus
administrasi kepesertaan di BPJS Keliling ia juga pernah memiliki pengalaman
mengurus administrasi langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan. Menurutnya tak
ada yang berbeda antara layanan di kantor dengan layanan di BPJS Keliling.
Keduanya ia rasa sama-sama baik dan memuaskan.
“Saya juga pernah datang ke kantor BPJS
Kesehatan Cabang Yogyakarta. Disana pelayanannya juga bagus dan pelayanannya
cepat. Apalagi sekarang ada BPJS Keliling jauh lebih nyaman bagi kami,” tambah
Theresia.
Sebagai alternatif, BPJS Kesehatan juga
menyediakan layanan non tatap muka lainnya yang bisa diakses peserta dari mana
saja. Tersedia Care Center 165 yang bisa dihubungi 24 jam. Serta ada pula
Aplikasi Mobile JKN dengan beragam menu dan kemudahan dalam satu genggaman.
Perubahan data, KIS Digital dan pengambilan antrean online di fasilitas kesehatan dapat dilakukan di aplikasi ini.
Tak berhenti disitu, terdapat Pelayanan
Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) yang tersedia di nomor 08118165165.
Peserta cukup mengetik Pandawa dan dapat memilih beragam kebutuhan diantaranya
pilihan Administrasi, Informasi dan Pengaduan. Isikan formulir sesuai
kebutuhan, unggah dokumen yang diperlukan dan tunggu hingga prosesnya
selesai.
Selain memanfaatkan kemudahan BPJS Keliling,
Theresia juga telah merasakan manfaat penjaminan Program JKN di rumah sakit. Ia
pernah mendapatkan penjaminan di beberapa rumah sakit karena nyeri pinggang
yang dideritanya.
Post a Comment