News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Beberapa Kereta Api Terdampak Banjir di Semarang, Daop 6 Minta Maaf

Beberapa Kereta Api Terdampak Banjir di Semarang, Daop 6 Minta Maaf

WARTAJOGJA.ID : PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan kereta api yang perjalanannya terdampak banjir di wilayah Semarang tepatnya di Petak Jalan Semarang Tawang - Alastua, Emplasement Stasiun Semarang Tawang dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu Kamis 14 Maret 2024.


Manager Humas Daop 6 Yogyakarta
Krisbiyantoro mengatakan jalur kereta api atau KA pada 3 titik tersebut tergenang air sejak Kamis dinihari dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api.

"Akibat peristiwa tersebut Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi," kata Krisbiyantoro di Yogyakarta Kamis.

Kejadian tersebut juga berdampak pada KA-KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang.

Daop 6 Yogyakarta juga melaporkan bahwa imbas banjir tersebut beberapa KA Daop 6 juga dibatalkan perjalanannya.

Antara lain KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal, KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solo Balapan, KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang dan KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan.

Selain itu, beberapa KA yang semestinya lewat jalur utara dialihkan perjalanannya melalui lintas selatan Solo - Yogyakarta - Kroya - Purwokerto - Cirebon.

KA KA yang dialihkan melalui jalur selatan, antar lain 10 KA ke arah Jakarta seperti Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit, dan Blambangan.

Lalu sebanyak 8 KA dialihlan ke arah Surabaya seperti Jayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara, dan Gumarang.

Krisbiyantoro mengatakan bagi para pelanggan yang perjalanan keretanya terimbas, KAI akan memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku baik berupa Service Recovery maupun pengembalian tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan. 

Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. 

"Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan. Saat ini petugas KAI terus berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," kata dia.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment