News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Purbayan Kotagede Demi Perkuat Kualitas UMKM

Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Purbayan Kotagede Demi Perkuat Kualitas UMKM



WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Jumat 30 Juni 2023 yang dipusatkan di Kopi Lumbung Mataram, Purbayan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber sarasehan itu RB Dwi Wahyu B, S.Pd., M.Si. -  (Anggota DPRD DIY) Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA (Kadiskop UKM DIY),  Bianka Andriyani (Akademisi STIE YKPN) dan Hendi Setio Yulianto (UMKM Inspiratif).

Purbayan sendiri dikenal sebagai kampung ini banyak memiliki nilai budaya, sejarah terutama Kerajaan Mataram Islam, serta banyak pengusaha UMKM seperti perak dan batik yang tidak kalah dan luar biasa.

Tak hanya itu, potensi lain dari kampung wisata ini adalah kerajinan keris, kulit, filigree serta pengrajin blangkon.

Dinas Koperasi UKM DIY pun berkomitmen turut serta dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah itu untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya. Salah satunya lewat Sarasehan SIBAKUL 


Kadiskop UKM DIY Srie Nutkyatsiwi mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pengelompokkan UMKM berdasar kualitas produk dan SDM yang mengelolanya. 

“Setiap UKM akan kita berikan klasifikasi kelasnya, sehingga akan diketahui pendampingan yang tepat akan seperti apa,” ujarnya.

Siwi, sapaannya, menambahkan bahwa SiBakul adalah sebuah sistem pembinaan yang sudah ada tingkatan klasternya. Ada data klasifikasinya dari mulai aspek produksi, tenaga kerja, pembiayaan, teknologi, dan marketing digitalnya.

"Dari sana akan dikelompokkan klasternya dan kita dekatkan dengan kurikulum yang sudah kita susun. Jadi kalau kita intervensi bisa tepat sasaran,” jelasnya. 

Dalam melakukan pembinaan, Siwi mengaku pembinaan yang dilakukan meliputi proses hulu hingga hilir.

“Seluruh fasilitas yang diberikan Pemda DIY harus melalui Diskop UKM DIY dan wajib menjadi mitra SiBakul agar bisa dilihat perkembangannya," katanya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment