News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Sidokarto Godean Sleman, Dinas Koperasi UKM DIY Dorong Inovasi UMKM Lewat Sarasehan SIBAKUL

Di Sidokarto Godean Sleman, Dinas Koperasi UKM DIY Dorong Inovasi UMKM Lewat Sarasehan SIBAKUL


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Minggu 2 Juli 2023 yang dipusatkan di Balai Padukuhan Klajuran     
Klajuran, Sidokarto, Kec. Godean, Kabupaten Sleman, D I Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber sarasehan   untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budayaa itu antara lain H. Koeswanto, SIP (Anggota DPRD DIY), Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA (Kadiskop UKM DIY), H. Istiyarto Agus Sutaryo, SE - (Lurah Sidokarto) dan Andi - Praktisi UMKM Inspiratif.

Kawasan Godean Sleman bertumbuh ratusan UMKM cukup pesat dengan aneka produk andalan. Produk UMKM yang dihasilkan antara lain ada jenis makanan-minuman, kain batik, blangkon, pupuk organik, beras organik dan masih banyak lagi. 

Dalam memasarkan aneka produk, sebagian besar pelaku UMKM di Godean pun sudah menerapkan pula pemasaran online.

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY memaparkan hingga memasuki awal 2023, kondisi ekonomi sudah mulai pulih.  Aktifitas perekonomian kembali normal.  Pertumbuhan ekonomi mulai pulih, dengan tingkat kemiskinan menjadi problematika yang kembali harus dientaskan,; merupakan ekses yang harus ditangani secara bijak dan berkelanjutan.  Artinya, memasuki pertengahan tahun 2022, skema pembangunan kawasan perdesaan yang berkelanjutan dengan pemberdayaan UMKM harus kembali digiatkan seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan, penurunan ketimpangan, dan menekan angka pengangguran; melalui kegiatan ekonomi produktif. 
 
"Berpijak pada hal tersebut, Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pemenuhan adaptasi kebiasaan baru, seperti diantaranya kebijakan transformasi digital  melalui system Sibakul Jogja," kata dia.

Salah satu upaya startegisnya adalah menyelenggarakan sarasehan UMKM yang diadakan pada lokasi perdesaan.  

"Harapannya, terjadi silang diskusi, masukan, hingga pencerahan dan inspirasi antar pemangku kepentingan yang lintas sector maupun lintas kewenangan, dalam membangun ekonomi perdesaan yang berbasis UMKM pada wilayah setempat," tegasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment