News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bus Wisatawan Asal Sleman Terguling di Jalur Pantai Slili-Krakal Gunungkidul, 7 Orang Terluka

Bus Wisatawan Asal Sleman Terguling di Jalur Pantai Slili-Krakal Gunungkidul, 7 Orang Terluka




WARTAJOGJA.ID : Sebuah bus pariwisata yang membawa puluhan wisatawan asal Kabupaten Sleman Yogyakarta mengalami kecelakaan tunggal saat menuju Pantai Slili di Kecamatan Tepus Gunungkidul Yogyakarta Ahad 2 Juli 2023.

Pantai Slili sendiri merupakan pantai yang dikenal masih alami, yang diapit Pantai Krakal dengan Pantai Sadranan.

Akibat kecelakaan tersebut tujuh orang mengalami luka luka dan dilarikan ke rumah sakit. 

"Bus pariwisata itu membawa 33 penumpang dari Papringan, Sleman, mereka rencananya mau berwisata
ke Pantai Slili," kata Kapolsek Tepus Gunungkidul Inspektur Satu Larso, Ahad.

Larso menjelaskan, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 09.30 WIB itu ketika bus pariwisata bernomor polisi AB 7075 AS yang dikemudikan Sutrisno, 54 asal Kota Yogyakarta melaju dengan kecepatan sedang dari arah utara ke selatan melintasi jalan Padukuhan Pule Gundes.

Namun sesampainya ditanjakan Gemulung, Pule Gundes, bus tersebut tak kuat menanjak. Sopir langsung banting stir sehingga bus terguling ke arah perkebunan.

Dari keterangan yang dihimpun polisi, sopir bus tidak mengetahui medan menanjak area itu. Sehingga saat bus tak kuat menanjak, sopir tak sempat lagi memindahkan atau mengoper perseneleng hingga membuat bus berjalan mundur.

Jalur pantai itu sendiri diketahui cukup menanjak dan banyak tikungan .

"Sopir banting stir ke kanan maksudnya untuk menghindari korban lebih banyak, karena di belakang bus itu berhenti banyak kendaraan," kata Larso.

Akibat kecelakaan tersebut tujuh orang mengalami luka lecet lecet dan dilarikan ke Puskesmas Tepus 1.

Larso menuturkan, bus itu pun akhirnya gagal melanjutkan perjalanan dan menunggu evakuasi.

Kecelakaan bus pariwisata di jalur pantai selatan Kabupaten Gunungkidul ini menambah daftar panjang kecelakaan di area itu.

Pada bulan Juni 2023 lalu, setidaknya dua kecelakaan terjadi di jalur pantai Gunungkidul dan sama sama melibatkan bus pariwisata.

Pada 1 Juni 2023 lalu, sebuah bus pariwisata yang mengangkut rombongan wisatawan asal Malang Jawa Timur terguling saat melintas di jalur menanjak Jalan Pantai Ngobaran-Nguyahan, Saptosari, Gunungkidul. Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun setidaknya tiga penumpang luka ringan dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Kemudian pada Minggu 4 Juni 2023 sebuah bus yang membawa 28 wisatawan Berbah, Sleman DIY juya terguling saat melintasi jalan menanjak di Jalur Pantai Baron Kilometer 18, Tanjungsari, Gunungkidul. Tidak ada korban jiwa maupun luka dari kejadian itu.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment