News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ajak UMKM Lebih Berdaya, Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Moyudan Sleman

Ajak UMKM Lebih Berdaya, Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL di Moyudan Sleman




WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Selasa 27 Juni 2023 yang dipusatkan di Joglo nDalem Supardjan Gatak, Sumberagung, Moyudan, Sleman, D.I. Yogyakarta.

Upaya pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirkan narasumber                : Sadar Narima, SAg., SH. (Anggota DPRD DIY), Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA (Kadiskop UKM DIY), Drs. H Duljiman (Lurah Sumberagung) dan  Pendamping/Perwakilan Bisnis/UMKM Sukses-Inspiratif.

Desa Sumberagung, Moyudan terkenal dengan banyaknya UMKM dari kuliner hingga kerajinan. Salah satunya yang terkenal sebagai Sentra Industri Ayaman Bambu dan telah dikukuhkan sejak 2018 silam oleh Pemkab Sleman.

Desa Sumberagung Moyudan dapat meningkatkan cukup monncer dalam mendorong kesejahteraan ekonomi Industri Kecil dan Menengah. Terlebih lagi, Sentra Industri Anyaman Bambu di Desa Moyudan akan berkembang pesat, mengingat lokasinya yang strategis.

Pelaku usaha yang berada di Desa Sumberagung juga merupakan salah satu objek usaha yang bisa dikembangan karena terkenal dengan kerajinan eceng gondok. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menuturkan, untuk UKM naik kelas setidaknya harus melewati beberapa proses, satu di antaranya melalui program Sibakul.

" UKM naik kelas itu bisa dari sisi sumber daya manusia, produk, kelembagaan, kesiapan pengelolaan atau sisi manajemen tata kelola, bisa tata kelola keuangannya juga," kata Siwi.

Menurutnya, sisi pemasaran produk dan pemanfaatan teknologi juga menjadi poin penting dalam menyongsong UKM naik kelas. 

"Para pelaku UKM itu perlu terus berjuang serta menjadi wirausaha yang tangguh dalam menghadapi segala rintangan," katanya.

"Dengan Sibakul kami bisa tahu dan me-mapping kategori kelas UKM, mereka bisa masuk ke kelas apa? Nah kami sudah menyediakan materi untuk membina pelaku UKM DIY," ujar Siwi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment