News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Pilangrejo Nglipar Gunungkidul, Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL

Di Pilangrejo Nglipar Gunungkidul, Dinas Koperasi UKM DIY Gelar Sarasehan SIBAKUL


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Senin 26 Juni 2023 yang dipusatkan di Balai Kel. Pilangrejo, Pilangrejo, Kec. Nglipar, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Sarasehan ini menjadi komitmen Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budaya. 

Dalam tema talkshow   Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu menghadirikan narasumber                : Arief Setiadi, SIP (Anggota DPRD DIY) 
Drs. Trisaktiyana (Asisten Perekonomian & Pembangunan Setda DIY), Sunaryo (Lurah Pilangrejo) dan Yanuar Widi Armoyo
(Pendamping/Perwakilan Bisnis/UMKM Sukses-Inspiratif).
 
Arif Setyadi SIP mengungkapkan sarasehan ini memilih di kalurahan Pilangrejo guna meningkatkan ekonomi masyarakat lewat pemberdayaan UMKM. 

"Semoga kegiatan ini bisa memacu wirausaha wirausaha yang ada bisa berkembang," kata dia.

Drs. Tri saktiyana, M. Si mengatakan. Kegiatan ini bersumber dari Danais tahun anggaran 2023. "Semoga masyarakat UMKM Pilangrejo bisa memanfaatkan kegiatan ini, bisa mempromosikan usaha yang ada," kata dia.

Dalam acara itu peserta bisa mendaftar diaplikasi Sibakul yang nantinya bisa membantu dalam penjualan UMKM.

Adapun Sunaryo Lurah Pilangrejo atas nama warga dan pelaku UMKM Kalurahan Pilangrejo berterimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya sarasehan SiBakul ini.

Sarasehan ini di ikuti 30 (tiga puluh) pelaku UMKM sekalurahan Pilangrejo. Salah satu Pelaku UMKM Ferry Hermawan mengapresiasi kegiatan ini. "Kami beraharap dengan sarasehan ini nantinya bisa masuk di SiBakul sehingga seperti kami ini dengan salah satu fasilitas SIBakul bebas ongkir, bisa membantu penjualan," kata dia.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan foto produk untuk promosi serta perndaftaran akun SiBakul.

Pemerintah DIY melalui “SiBakul Jojga” yang merupakan inovasi sebagai bagian dari transformasi Digital meliputi kegiatan Pendataan dan Klastering, Penumbuhan Koperasi dan UKM, Pelatihan, Pembinaan, Fasilitasi, Konsultasi dan Pendampingan. 

Kebutuhan UMKM ini tentunya tidak mungkin dilaksanakan oleh pemerintah sendiri, perlunya kolaborasi dengan sektor pemerintah atau swasta untuk memfasilitasi kebutuhan para pelaku UMKM tersebut. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment