News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UTBK-SNBT 2023 di ISI Yogyakarta Diikuti 3.986 Peserta

UTBK-SNBT 2023 di ISI Yogyakarta Diikuti 3.986 Peserta


WARTAJOGJA.ID: Sebanyak 3.986 peserta mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasar Tes (UTBK-SNBT)  sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Senin (8/5/2023) pagi.

ISI Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri dipercaya untuk menjadi salah satu penyelenggara dengan kode Pusat UTBK 364 ISI Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. Timbul Rahardjo, M.Hum, memukul gong sebagai tanda dimulainya pelaksanaan UTBK-SNBT di ISI Yogyakarta tepat pada pukul 07. 15 WIB di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta.
,
Pembukaan ini dihadiri oleh segenap jajaran pimpinan ISI Yogyakarta diantaranya adalah Pembantu Rektor I sekaligus Ketua Pusat UTBK ISI Yogyakarta, Pembantu Rektor I, Pembantu Rektor IIl, para Dekan dari ketiga fakultas, Kepala Biro, Kepala UPT, serta sejumlah panitia.

"Sebanyak 3.986 peserta dijadwalkan mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Pelaksanaan UTBK 2023 tersebar di 7 gedung di seluruh ISI Yogyakarta yang totalnya memanfaatkan 11 lab komputer," terang Timbul Rahardjo.

Dijelaskannya, pelaksanaan UTBK-SNBT di ISI Yogyakarta terbagi dalam 12 sesi dan setiap sesi diikuti setidaknya oleh 335 orang yang terbagi dalam 11 lab komputer. UTBK-SNBT 2023 di ISI
Yogyakarta dilaksanakan dari hari Senin, tanggal 8 Mei 2023 sampai dengan hari Sabtu, tanggal 13 Mei 2023 mendatang.

"Materi tes UTBK-SNBT tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya peserta dibagi dalam dua kelompok tes yaitu Saintek dan Soshum yang memiliki soal berbeda. UTBK-SNBT tahun ini tidak ada pembagian kelompok," sambung Pembantu Rektor I Bidang Akademik sekaligus Ketua UTBK Pusat ISI Yogyakarta, Dr., Stepanus Hanggar Budi Prasetya , S.Sn., M.Si.

Seluruh calon mahasiswa dari jurusan apapun dan memilih program studi apapun mengerjakan soal yang sama yaitu terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik), TPS (Tes Potensi Skolastik), Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Tes Literasi dalam Bahasa Inggris, dan dan Tes Penalaran Matematika.

Setiap hari akan ada dua sesi tes yaitu sesi pagi dan sesi siang. Tes sesi pagi akan dimulai tepat pukul 07.15 WIB sampai pukul 10.30 WIB.
Sedangkan tes sesi siang akan dimulai tepat pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 16. 15 WIB.
Khusus tes hari Jumat, sesi siang akan dimulai pukul 13.45 WIB untuk mengakomodasi waktu ibadah sholat Jumat.

"Seluruh peserta diharapkan untuk datang lebih awal sekitar satu jam sebelum dimulainya tes demi kelancaran pelaksanaan tes," tambah Hanggar.

UTBK-SNBT ini merupakan seleksi masuk PTN jalur ke dua, setelah beberapa bulan sebelumnya sudah digelar seleksi jalur ke satu melalui Jalur SNBP.

Peserta yang tidak lolos UTBK-SNBT masih bisa mencoba peruntungan untuk mendaftar seleksi jalur ke tiga lewat Jalur Mandiri.

Tahun ini ISI Yogyakarta membuka 22 Prodi sarjana dan juga sarjana terapan yang tersebar di tiga fakultas.

Berikut daftar sembilan Prodi yang ada di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta: 1. Komunikasi Visual, 2. S1 Desain Interior, 3. S1 Desain Produk, 4. S1 Seni Murni, 5. S1 Tata Kelola Seni, 6. S1 Konservasi Seni, 7. S1 Kriya, 8. D4 Desain Mode Kriya Batik, 9. D4 Desain Media.

Fakultas Seni Pertunjukan saat ini memiliki sepuluh Prodi yaitu: 1. S1 Tari, 2. S1 Teater, 3. S1 Pendidikan Seni Pertunjukan, 4. S1 Seni Pedalangan, 5. S1 Karawitan, 6. S1 Etnomusikologi, 7. S1 Musik, 8. S1. Pendidikan Musik, 9. S1 Penciptaan Musik, dan 10. D4 Penyajian Musik.
Sedangkan Fakultas Seni Media Rekam saat ini memiliki tiga Prodi yaitu: 1. S1 Fotografi, 2. S1 Film dan Televisi, dan 3. D4 Animasi. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman www.isi.ac.id atau www.pmb.isi.ac.id.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment