News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kuliah Di UIN Sunan Kalijaga Yogya, Ini 4 Hal Yang Wajib Diketahui

Kuliah Di UIN Sunan Kalijaga Yogya, Ini 4 Hal Yang Wajib Diketahui




WARTAJOGJA.ID: Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bersiap menerima mahasiswa baru tahun ajaran ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dan Pengembangan Lembaga
Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si menyampaikan UIN Sunan Kalijaga Yogya merupakan satu-satunya PT KIN terakreditasi unggul, saat ini memiliki 65 program studi (prodi) yang terdiri dari 41 prodi jenjang sarjana (24 prodi keagamaan)
 
"UIN Sunan Kalijaga telah mendapatkan predikat sebagai Kampus Unggul atau Kampus FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation)," kata Iswandi dalam sosialisasi PMB di Kampus UIN Senin 8 Mei 2023.

Iswandi pun menjawab seputar anggapan atau rumor salah tentang UIN Sunan Kalijaga.

"Ada anggapan susah masuk UIN Sunan Kalijaga, itu hal kurang tepat pintu masuknya, secara singkat kami memiliki 2 jalur nasional dan jalur mandiri, jalur nasional ada raport dan test, mandiri ada prestasi, keberagaman, portofolio, CBT, untuk detailnya nanti akan dijelaskan oleh admisi, tipsnya ada 2 strategi : strategi 1 sesuaikan pintu masuk strategi dan strategi 2 masuk dari semua pintu," kata Iswandi.

Iswandi juga menjelaskan rumor atau anggapan bahwa masuk UIN sekarang mahal.

" UIN BLU dengan Sistem UKT (uang kuliah tunggal) semangatnya gotong royong yang kurang mampu dibantu oleh yang mampu, UKT kami dari Rp 400 ribu - tertinggi Rp 9 juta, adapun prodi informatika tanpa uang pangkal/sumbangan pendidikan," kata dia.

"Juga dilakukan verifikasi sesuai profil ekonomi dan banding UKT dibuka tiap semester mulai semester 2 jika ada perubahan kondisi ekonomi. Disediakan banyak beasiswa yang pendaftarannya dibuka ketika sudah menjadi mahasiswa," kata dia.

Ketiga soal anggapan mahasiswa UIN Wajib Mondok.

"Itu juga tidak benar, yang ada kewajiban mondok ini melekat pada program beasiswa tertentu tidak untuk semua mahasiswa. misalnya khusus mahasiswa yang mendapat beasiswa X wajib mondok sekian bulan," katanya.

Terakhur anggapan bahwa masuk UIN bisa menjadi radikal. Itu pun anggapan yang salah.

"Justru sebaliknya kami semangat nasionalisme, pancasila dan islam yang rahmatan lil alamin, kami menerima mahasiswa semua latar belakang agama, beberapa waktu lalu kami memberikan Doctor HC kepada 3 tokoh kemanusiaan," kata dia.
 
"Mari bergabung bersama UIN Sunan Kalijaga, anak didik untuk diarahkan ke kampus kami, Insyaallah selamat dunia akhirat," pungkas Iswandi. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment