News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kolaborasi Lintas Sektor, PT Sido Muncul Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak di Bandung

Kolaborasi Lintas Sektor, PT Sido Muncul Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak di Bandung


Sinergi Lintas Sektor, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak di Bandung. Foto: dok. Sido Muncul
WARTAJOGJA.ID : PT Sido Muncul berkolaborasi dengan PT. Panca Insan Mandiri, PERDAMI (Pusat (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia), dan Yayasan Selaras menyelenggarakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak pada 7-9 Mei 2022 di Gedung RSUD Bandung Kiwari di Bandung, Jawa Barat. 

Direktur utama Sido Muncul Irwan Hidayat menyampaikan, kegiatan ini merupakan program sosial yang dilakukan secara rutin setiap tahun oleh Sido Muncul di berbagai wilayah Indonesia. 

“Pada Pertengahan tahun 2023 Sido Muncul berkolaborasi dengan sejumlah mitra, yang turut didukung oleh Dinas Kesehatan Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, dan RSUD Bandung Kiwari,” ujarnya. 

Berdasarkan data nasional Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014 – 2016 Kemenkes, dengan sasaran populasi usia 50 tahun ke atas diketahui bahwa angka kebutaan mencapai 3% dan katarak merupakan penyebab kebutaan tertinggi (81%). Dari data PERDAMI, tahun 2017 terdapat 8 juta orang dengan gangguan penglihatan. 

Menurut dr. H. Yorisa Sativa, M.Kes selaku Direktur RSUD Bandung Kiwari, berdasarkan data dari Yayasan Selaras sampai saat ini lebih kurang 225 peserta sudah terdaftar, semua peserta ini akan melalui tahap screening dan peserta yang berhasil melewati proses screening akan dilakukan operasi.

“Operasi katarak dilakukan di RSUD Bandung Kiwari dengan kapasitas gedung dan fasilitas kesehatan yang canggih merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan kegiatan operasi katarak di RSUD Bandung Kiwari” ucap dr. H. Yorisa Sativa, M.Kes.

dr. H. Yorisa Sativa, M.Kes menuturkan bahwa rangkaian kegiatan akan terbagi menjadi dua yaitu pelaksanaan tindakan operasi katarak dilakukan hari minggu 07 Mei 2023 di ruang operasi (OK) lantai 5 gedung RSUD Bandung Kiwari dan untuk kegiatan seremonial dilakukan pada hari selasa, 09 Mei 2023 yang akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat bapak Ridwan Kamil dan Direktur Utama PT Sido Muncul Bapak Irvan Hidayat, serta beberapa tamu lainnya.

Sementara itu, perwakilan dari PT. Panca Insan Mandiri, Iwan Tauhid menuturkan bahwa pihaknya selaku salah satu panitia merasa senang bisa turut berkontribusi pada kegiatan Baksos ini. 

“Ini adalah Baksos Operasi Katarak kedua yang kami lakukan di Propinsi Jawa Barat, mudah mudahan PT. PIM dapat terus memberikan kontribusi sehingga menjadikan #JabarSehat #IndonesiaJuara”, ucap Iwan Tauhid. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment