News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tak Hanya Unggul dalam Hasil Survei IPI, Ridwan Kamil Juga Rajai Hasil Survei Cawapres Versi LSI

Tak Hanya Unggul dalam Hasil Survei IPI, Ridwan Kamil Juga Rajai Hasil Survei Cawapres Versi LSI




WARTAJOGJA.ID : Setelah unggul sebagai calon wakil presiden (cawapres) versi Indikator Politik Indonesia (IPI), nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali merajai hasil survei cawapres yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 12 - 17 April 2023. Berdasar rilis hasil survei yang diselenggarakan secara langsung oleh LSI pada Rabu sore, 3 Mei 2023, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres berada pada angka 19,5 persen. 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan bahwa angka tersebut diperoleh dari hasil survei cawapres dengan simulasi 17 nama semi terbuka. ”Temuannya tidak berbeda jauh dengan hasil survei yang dirilis oleh LSI awal April lalu,” kata dia. ”Elektabilitas calon wakil presiden masih paling tinggi dipegang oleh Ridwan Kamil,” tambah Djayadi. Pejabat yang akrab dipanggil RK itu unggul cukup jauh bila dibandingkan dengan elektabilitas nama-nama besar lainnya. 

Djayadi menegaskan, sejauh ini belum ada perubahan signifikan dalam hasil survei cawapres untuk pemilu 2024 mendatang. Masyarakat yang diwakili oleh responden dalam survei LSI menempatkan lima nama sebagai figur cawapres unggulan. ”Lima besarnya masih sama. Masih Ridwan Kamil, Sandi Uno, AHY, Erick, dan Khofifah,” beber dia. Namun demikian, dalam hasil survei terbaru yang mereka lakukan, hanya RK yang elektabilitasnya nyaris mencapai 20 persen. Nama lain di bawah 15 persen. 

Berdasar hasil survei LSI, elektabilitas cawapres yang berada di bawah RK terdiri atas Sandiaga Uno dengan 14,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 11,6 persen, Erick Thohir dengan 10,5 persen, dan Khofifah Indar Parawansa dengan 6,8 persen. Dari angka tersebut jelas terlihat bahwa nama RK paling dominan. Sehingga masyarakat menilai mantan wali kota Bandung itu yang paling pantas menjadi cawapres. 

Tidak hanya unggul sebagai cawapres, hasil survei LSI top of mind untuk pemilihan presiden. Namanya berada di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Joko Widodo. RK juga menjadi tokoh yang paling disukai oleh publik. Total ada 88,1 persen publik yang menyukai RK. Angka itu berada di atas kesukaan publik kepada Prabowo Subianto (86,6 persen), Anies Baswedan (80,7 persen), dan Ganjar Pranowo (82,7 persen).

LSI melaksanakan survei tersebut dengan melibatkan 1.220 responden yang seluruhnya berusia 17 tahun atau lebih saat wawancara dilakukan. Mereka dipilih secara random dengan metode multistage random sampling. Kemudian diwawancarai oleh pewawancara terlatih secara tatap muka. Margin of error atas survei tersebut kurang lebih berada pada angka 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment