News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Roadshow ldenTIK 2023 di Kampus Amikom Yogyakarta, Wadah Kompetisi Nasional Gali Potensi TIK Anak Bangsa

Roadshow ldenTIK 2023 di Kampus Amikom Yogyakarta, Wadah Kompetisi Nasional Gali Potensi TIK Anak Bangsa


Prof. Eko K. Budiarjo selaku Ketua Dewan Juri dan juga Fasilkom – Universitas Indonesia saat roadshow ldenTIK 2023 di Kampus Amikom Yogyakarta Kamis 4 Mei 2023.
WARTAJOGJA.ID: Kompetisi Seleksi Nasional Indonesia Entrepreneur TIK (ldenTIK) Tahun 2023 dimulai.

Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali mengadakan Kompetisi Seleksi Nasional Indonesia Entrepreneur TIK (ldenTIK) untuk tahun 2023. 

"ldenTIK merupakan program pengembangan dari ID.UP,
sebuah wadah kompetisi untuk
mendorong munculnya potensi produk TIK karya anak bangsa yang mampu unjuk gigi di mata dunia. Khususnya dalam menghadapi kompetisi regional AlCTA," kata Prof. Eko K. Budiarjo selaku Ketua Dewan Juri dan juga Fasilkom – Universitas Indonesia saat roadshow ldenTIK 2023 di Kampus Amikom Yogyakarta Kamis 4 Mei 2023.

Prof. Eko K. Budiarjo mengatakan
ASEAN ICT Awards (AICTA) adalah program dan proyek prestisius yang disepakatí oleh menteri-menteri telekomunikasi negara ASEAN. 

"ldenTIK dan AICTA menjadi sarana sekaligus ajang kompetisi untuk mendorong pertumbuhan pelaku industri lokal, serta tersedianya perangkat lunak dari pengembang lokal yang berkualitas dan siap
bersaing pada kawasan ASEAN dan global," katanya.

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan menuju Masyarakat Cerdas 5.0, pemerintah Indonesia membutuhkan inovasi dan kreativitas para pengembang aplikasi. 

Revolusi Industri 4.0 sendiri memerlukan kesiapan infrastruktur digital yang andal dan inovasi teknologi yang mumpuni, sedangkan Masyarakat Cerdas 5.0 berfokus pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Program ldenTIK merupakan wujud nyata dukungan kementerian komunikasi dan informatika terhadap ekosistem digital Indonesia dan menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan digital yang aman dan inovatif.

"Pelaksanaan kompetisi ldenTIK telah berjalan sejak 2019, sejumlah 30 Karya ditetapkan sebagai karya terpilih pada setiap tahunnya dan sejauh ini secara total selama penyelenggaraan kompetisi ldenTIK sudah menjaring sekitar 708 karya dari para peserta," kata Prof. Eko K. Budiarjo.

Di tahun 2023, terdapat 6 (enam) kategori kompetisi dalam ldenTIK, yaitu : Public Sector, Private Sector,
Inovasi Teknologi Konten Digital, 
Digital Inclusivity, Digital Start-up, Digital Innovation.

Pelaksanaan kompetisi ldentik secara garis besar meliputi rangkaian kegiatan sebagai berikut. Opening Submission/pendaftaran
ldenTIK; Penjaringan peserta kompetisi melalui rangkaian roadshow ldenTIK di
beberapa kota; Proses Submission / Pendaftaran karya dilakukan secara online melalui official website ldenTIK di URL https:/identik.id, Closing Submission/pendaftaran ldenTIK: Kurasi dan penjurian oleh Juri ldenTIK dan Pengumuman Pemenang ldenTIK.

Dewan Juri pada Seleksi Nasional Produk TIK "ldenTIK" 2023 adalah Prof. Eko K. Budiarjo (Fasilkom – Universitas Indonesia sebagai Ketua Dewan Juri), Shita Laksmi
(Diplo Foundation sebagai juri kategori Public Sector), Didik Partono Rudiarto (Inixindo sebagai
juri kategori Private Sectorn), Jurike V. Moniaga (Universitas
Bina Nusantara sebagai juri kategori Digital Inclusivity). 

Barry Simorangkir (Citra Optimal sebagai juri kategori lInovasi Teknologi Konten Digital), Rama Mamuaya (Dailysocial.id sebagai juri
kategori Digital Start-up), dan Yudho Giri Sucahyo (|SOC Indonesia Jakarta Chapter sebagai juri kategori Digital Innovation).

Tahun 2023 merupakan tahun ke-5 pelaksanaan ldenTIK dengan mengusung tema Collaborate to Grow Stronger, ldenTIK berupaya mengembangkan konsep kegiatan
dan betransformasi agar tidak hanya sebatas menjadi sebuah ajang kompetisi.

Namun, dalam prosesnya nanti, para karya terpilih juga berkesempatan untuk mendapatkan fasilitasi berjejaring dalam acara-acara
berskala nasional/global yang
sesuai untuk mendorong terjadinya kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait
dalam upaya mengembangkan skala bisnis/pengembangan karya terpilih ke tahapan selanjutnya.

Saat ini, rangkaian kegiatan berada pada tahapan
roadshow ldenTIK 2023, sebagai
salah satu upaya mempromosikan dan mempublikasi kompetisi ldenTIK sekaligus menjaring para calon kandidat potensial bagi kompetisi ldenTIK. 

Kegiatan Roadshow
ini akan dilaksanakan di beberapa kota diantaranya adalah Kota Bekasi, Bandung dan Yogyakarta. Kota Yogyakarta menjadi lokasi terakhir pelaksanaan Roadshow ldenTiK
2023.

Setelah ditetapkan sebagai Karya Terpilih ldenTIK 2023,
peserta akan berkesempatan dikutsertakan ke ajang internasional, yaitu AlCTA pada tahun 2024.

AICTA dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas.

Melalui AICTA, diharapkan akan mendapatkan kesempatan bisnis dan
mempromosikan hubungan dagang sambil meningkatkan kekuatan ICT ASEAN, baik secara lokal maupun regional. Tahun 2024, penyelenggaraan AICTA rencananya
akan dilaksanakan di Thailand.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran Seleksi Nasional Produk TIK "ldenTIK" 2023 dapat mengunjungi website www. identik.id atau Instagram @identik_kominfo. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment