News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL di Baleharjo Gunungkidul, pelaku UMKM Diajak Kenali Potensi Produk dan Target Pasar

Sarasehan SIBAKUL di Baleharjo Gunungkidul, pelaku UMKM Diajak Kenali Potensi Produk dan Target Pasar




WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL kembali digelar Dinas Koperasi UKM DIY dalam pemberdayaan UMKM pada wilayah perdesaan.

Kali ini lokasinya dipusatkan di Balai Kalurahan Baleharjo, Jalan Mgr. Soegijopranoto, Dsn. Mulyosari, Kel. Baleharjo, Kap. Wonosari, Kab. Gunungkidul.

Tema talkshow SiBakul ini yakni  Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa. Yang menghadirkan narasumber Ir. Imam Taufik selaku anggota DPRD DIY, 
Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kepala Diskop UKM DIY, Agus Sulistyo selaku Lurah Baleharjo  
dan tokoh pendamping/pelaku UMKM Inspiratif.
 
Desa Baleharjo Wonosari, Gunungkidul menjadi salah satu wilayah yang banyak tersebar pelaku UMKM nya. Mulai dari yang bergerak di industri makanan hingga cinderamata.

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kepala Diskop UKM DIY dalam sarasehan itu pun mengajak pelaku UMKM dapat mengenali lebih jauh keunggulan produknya dan menentukan pasar yang tepat bagi sasaran mereka.

"Sehingga kami bisa merumuskan dan membantu dalam bentuk pendampinga, meningkatkan pemasaran UMKM, juga bentuk stimulus yang diberikan melalui Sibakul," kata Siwi, panggilan Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA.

Siwi menuturkan, salah satu upaya pemerintah DIY memberdayakan UMKM melalui program Sibakul terutama menekankan bagaimana cara agar masyarakat dapat mengakses stimulus SIBAKUL tersebut.

Juga soal strategi percepatan pemulihan ekonomi daerah dengan optimalisasi produk-produk local perdesaan.
 
"Sebab hingga memasuki awal 2023, kondisi ekonomi sudah mulai pulih.  Aktifitas perekonomian kembali normal dan pertumbuhan ekonomi mulai pulih, dengan tingkat kemiskinan menjadi problematika yang kembali harus dientaskan," kata dia.

"Pemberdayaan UMKM menjadi hal yang harus kembali digiatkan seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan, penurunan ketimpangan, dan menekan angka pengangguran; melalui kegiatan ekonomi produktif," tukasnya lagi.
 
Berpijak pada hal tersebut, Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pemenuhan adaptasi kebiasaan baru. Seperti diantaranya kebijakan  melalui system SIBAKUL JOGJA. (cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment