News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Segini Jumlah Wisatawan Yang Padati Jogja Saat Pergantian Malam Tahun Baru

Segini Jumlah Wisatawan Yang Padati Jogja Saat Pergantian Malam Tahun Baru


Wisatawan padati Tugu Jogja saat pergantian malam tahun baru 2023

WARTAJOGJA.ID  : Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo memperkirakan ada sebanyak 2 juta wisatawan yang memadati lima kabupaten/kota di DIY saat malam pergantian tahun Sabtu-Minggu 31 Desember 2022-  1 Januari 2023.

Dari jumlah itu, sekitar separonya atau 1 juta lebih melewatkan malam tahun baru di kawasan destinasi wisata.

"Untuk data terbaru masih kami kumpulkan, namun perkiraan sementara untuk 31 Desember sampai 1 Januari itu saja ada 2 juta wisatwan yang datang ke Yogyakarta," kata Singgih 3 Januari 2023.

Perkiraan kunjungan ini berdasarkan perhitungan wisatawan yang keluar - masuk di kawasan destinasi utama dan melihat kapasitas di tiap destinasi itu. Seperti Tebing Breksi di Kabupaten Sleman, Waduk Sermo di Kabupaten Kulon Progo hingga pantai-pantai selatan Yogyakarta yang tersebar di tiga kabupaten.

"Kami melihat ada pemerataan kunjungan di tiap destinasi favorit itu, di lima kabupaten dan kota," kata Singgih.

Singgih menuturkan strategi menyebar agenda kegiatan saat malam tahun baru di berbagai titik cukup efektif membuat konsentrasi wisatawan tak hanya di Kota Yogyakarta yang kepadatannya berpusat di Tugu Yogyakarta, Malioboro dan Titik Nol Kilometer. 

"Wisatawan akhirnya mengunjungi destinasi wisata di kabupaten-kabupaten, sehingga kepadatan mudah terurai, misalnya di Titik Nol Kilometer pukul 00.30 WIB jalanan sudah lengang," kata dia.

Adapun Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menuturkan sepanjang tahun 2022 , pihaknya mencatat total kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta sudah melampui 7 juta jiwa.

"Kunjungan tahun 2022 ini sudah sangat jauh melampaui target 2 juta yang kami tetapkan," kata Wahyu.

Wahyu menuturkan, selama kasus corona masih merebak di Kota Yogyakarta mulai 2020 hingga 2021, kunjungan turis ke kota itu hanya mentok di kisaran 1,5 juta ditinjau dari reservasi perhotelan dan kunjungan ke destinasi.

"Sedangkan pada 2022 kemarin, sepanjang Desember saja kunjungan wisatawan melebihi 1 juta jiwa," kata dia.

Destinasi favorit di Kota Yogyakarta yang diserbu pengunjung selama masa libur Natal dan Tahun Baru seperti Kebun Binatang Gembira Loka  yang perharinya dikunjungi sekitar 4 hingga 5 ribu orang sejak 24 Desember 2022. Puncak kunjungan Gembira Loka sendiri terjadi pada 1 Januari 2023 yakni sebanyak 8.500 orang dalam sehari. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment