News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gagas Saltar, Tim Enginer Tech Uny Raih Juara 2 Jr- Rovation 2022

Gagas Saltar, Tim Enginer Tech Uny Raih Juara 2 Jr- Rovation 2022


Gagas Saltar, Tim Enginer Tech Uny Raih Juara 2 Jr- Rovation 2022
WARTAJOGJA.ID : JR-Rovation atau Jasa Raharja Road Safety Inovation merupakan program kompetisi yang dirancang oleh PT Jasa Raharja untuk meningkatkan kepedulian generasi muda akan isu keselamatan berkendara guna menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. 

JR-Rovation berlangsung pada 1 Desember 2022 di Ice Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta dan diikuti oleh 25 perguruan tinggi di Indonesia.
Perwakilan UNY yang mengikuti kegiatan Jasa Raharja Road Safety Inovation adalah Tim Enginer Tech UNY yang tediri dari Ketua Tim Yanuar Agung Fadlullah (Teknik Mesin) beranggotakan Nur Rizqi Priyambodo (Teknik Mesin), Sahid Ramandhani (Teknik Elektronika), dan Bagus Putra Setiyawan (Teknik Mekatronika) dibawah bimbingan dosen jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY Dr. Ir. Mujiyono, S.T., M.T., W.Eng., IPU.

Pada kompetisi tersebut tim dari FT mempresentasikan karya berjudul SALTAR (Smart Safety Lamp and Alarm) yaitu rekayasa lampu peringatan yang terintegrasi proximitry sensor berbasis green energy sebagai solusi pencegahan kecelakaan pada blind spot area. Dengan rancangan inovasi teknologi SALTAR tersebut Tim Enginer Tech UNY berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi JRRovation 2022 ini.

“Inovasi teknologi SALTAR dilatarbelakangi oleh tingginya angka kecelakaan di Indonesia. Salah satu faktor tingginya angka kecelakaan di Indonesia yaitu blind spot area atau kontur jalan yang menikung” kata Yanuar Agung selaku ketua tim.
Konsep teknologi Smart Safety Lamp and Alarm (SALTAR) yaitu dua rambu peringatan yang saling terhubung memberikan informasi pada blind spot area. SALTAR memberikan informasi berupa bunyi sirine dan mengaktifkan rambu LED peringatan pada masing masing perangkat apabila terdapat kendaraan pada sisi ruas jalan yang berlawanan arah.

“Kita merancang SALTAR dengan berbagai keunggulan, yang pertama menambah kewaspadaan pengendara ketika melewati blind spot area, multifungsi karena bisa digunakan sebagai penerangan jalan, ramah lingkungan dan renewable energy dengan basis energi surya serta material yang bersifat tahan korosif” tuturnya.

Terakhir, Yanuar berharap inovasi yang telah dirancang bersama timnya dapat memperoleh dukungan dari pemerintah agar dapat diimplementasikan dalam rangka menurunkan angka kecelakaan di Indonesia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment