News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Disperindag Kota Jogja: Pasar Beringharjo Dipadati 15 Ribu Pengunjung Libur Tahun Baru

Disperindag Kota Jogja: Pasar Beringharjo Dipadati 15 Ribu Pengunjung Libur Tahun Baru




WARTAJOGJA.ID: Sejak akhir Desember 2022 hingga Tahun Baru 2023 kawasan Malioboro dan sekitarnya masih diserbu wisatawan. Terutama peningkatan wisatawan berada di kawasan Pasar Beringharjo yang merupakan pusat oleh-oleh khas Kota Yogyakarta.
Salah satu pedagang batik Tatik mengatakan, penjualannya mengalami peningkatan dua kali lipat dari biasanya. 

"Alhamdulillah penjualan batik laris manis, mungkin untuk oleh-oleh ya, jadi banyak yang borong seperti daster batik ataupun kaos batik. Semoga seterusnya banyak wisatawan yang datang sehingga ekonomi juga meningkat," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, sejak tanggal 30-31 Desember 2022 sebanyak 15.230 wisatawan berdatangan ke Kota Yogyakarta terutama di Pasar Beringharjo. Kedatangan ini disambut baik oleh pedagang Pasar Beringharjo.

Pihaknya mengatakan, peningkatan ini diperkirakan menembus dua kali lipat dari hari biasanya. "Sangat luar biasa antusias wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta. Bahkan per tanggal 1 Januari 2022 ini sebanyak 10.531 wisatawan datang sekadar untuk membeli oleh-oleh seperti makanan, batik serta kerajinan tas dari enceng gondok atau rotan,"ujar Ambar saat diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (3/1).

Disamping itu, banyaknya wisatawan yang berdatangan selaras dengan banyaknya timbunan sampah yang ada di sekitar Malioboro dan Pasar Beringharjo.

Namun pihaknya mengungkapkan, sampah yang dibuang didominasi oleh botol minuman dan kertas, sehingga sampah ini merupakan sampah anorganik yang bisa didaur ulang atau recycle.

"Kita sudah siapkan petugas 24 jam penuh dengan pembagian dua shift sebanyak 15 petugas tiap shift. Sehingga diharapkan banyaknya wisatawan tetap tertib ikut menjaga kebersihan Kota Yogyakarta dengan membuang sampah pada tempatnya," jelasnya.

Ia berharap, banyaknya wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta mampu meningkatkan pendapatan pedagang sehingga ekonomi pun terus meningkat. 

"Semoga Kota Yogyakarta banyak dikunjungi wisatawan tidak hanya di Pasar Beringharjo melainkan di Pasar Ngasem, Pasty ataupun Pasar Kranggan sehingga mampu meningkatkan pendapatan pedagang," katanya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment