News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkot Yogyakarta Gandeng Pemkab Sleman Tekan Inflasi Daerah

Pemkot Yogyakarta Gandeng Pemkab Sleman Tekan Inflasi Daerah


Pemkot Yogyakarta gandeng Pemkab Sleman kerjasama tekan inflasi daerah (ist)
WARTAJOGJA.ID:  Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta untuk menekan inflasi,  kali ini Pemkot Yogyakarta menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman.

Kerjasama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Hasil dari kerjasama tersebut, kedua belah pihak bersama sama saling menjaga kelancaran distribusi untuk memastikan stok atau pasokan komoditas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi mengatakan penandatangan kerjasama tersebut terkait pengendalian inflasi daerah melalui pemenuhan bahan pangan agar harga-harga kebutuhan pokok tidak mengalami kenaikan.

"Ini juga sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik dan mengusahakan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman," katanya di komplek Pemkab Sleman, Rabu (14/12/2022).

Sumadi mengaku selama ini Kota Yogyakarta tidak memiliki lahan sawah dengan luasan yang cukup untuk memproduksi pangan. 

"Untuk itu, hasil bumi Kabupaten Sleman yang surplus, dapat didistribusikan ke tiga pasar besar di Kota Yogyakarta, terutama menjelang natal dan tahun baru," ungkapnya.

Tiga pasar tersebut, lanjutnya, adalah Pasar Kranggan, Pasar Beringharjo, dan Pasar Demangan. "Ketiga pasar ini telah dijadikan survei oleh Badan Pusat Statistik (BPS)," ungkapnya.

Pihaknya pun menegaskan bahwa Pemkot Yogyakarta akan terus melakukan kerja sama antar Pemda agar angka inflasi yang berakibat pada pergerakan harga bahan pangan pokok bisa terus terkendali.

Sementara itu Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik kerjasama tersebut, ia menuturkan di Kabupaten Sleman komoditi yang surplus adalah beras dan cabai sehingga nantinya kedua komoditi tersebut akan dikirimkan ke Kota Yogyakarta sesuai kebutuhan.

"Kami akan mengalokasikan bahan pokok sesuai yang dibutuhkan oleh warga Kota Yogyakarta," ungkapnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment