News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

1.000 Jip Wisata Lereng Merapi Siap Sambut Wisatawan Pada Libur Nataru 2022

1.000 Jip Wisata Lereng Merapi Siap Sambut Wisatawan Pada Libur Nataru 2022



WARTAJOGJA.ID :  Paket wisata minat khusus lava tour menggunakan jip wisata di kawasan lereng Gunung Merapi diprediksi masih akan menjadi primadona wisatawan yang berkunjung ke kawasan Kaliurang dan Kaliadem Sleman, Yogyakarta momen libur akhir tahun ini.

"Jip wisata masih akan jadi primadona wisata kawasan Merapi libur akhir tahun ini," kata Ketua Umum Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Daldiri saat pertemuan dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Senin 12 Desember 2022 di Kaliurang Sleman Yogyakarta.

Prediksi Daldiri itu melihat tren beberapa bulan terakhir, pasca pandemi Covid-19 mereda di wilayah DI Yogyakarta.

"Jadi saat ini, di luar hari libur saja,  setiap hari jip jip wisata itu hampir tanpa henti membawa wisatawan dari pagi hingga sore, ini trennya  benar benar positif pasca pandemi mereda," kata Daldiri.

"Maka kami cukup optimis, musim liburan Natal dan Tahun Baru 2023 ini, dengan durasi libur lebih panjang, akan semakin banyak wisatawan berkunjung ke lereng Merapi dan menjajal jip wisata itu," Daldiri menambahkan.

Daldiri menyebur, saat ini pihaknya sudah mendata semua kelompok jip wisata dan akan mempersiapkan tak kurang 1.000 armada jip wisata untuk beroperasi menyambut wisatawan di lereng Merapi. 

"Asosiasi jip wisata ini terdiri atas 29 basecamp yang tersebar di kawasan Kaliurang dan Kaliadem, total ada 1.000 lebih jip wisata yang dikelola," kata dia.

Dari 29 basecamp pelaku jip wisata itu, kata Daldiri, 16 basecamp tersebar di kawasan Kaliurang dan 13 basecamp di kawasan Kaliadem.

"Kami minta tak hanya kesiapan armada jip saja, tapi juga kesiapan fisik kendaraan, kata Daldiri.

Sebelumnya para anggota asosiasi telah menjalani pengecekan kelayakan dan kelengkapan kendaraan yang dilakukan Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, hingga pihak kepolisian.


Seluruh jip yang beroperasi di kawasan lereng Merapi juga telah didata termasuk pengelola dan drivernya untuk menghindari jip wisata liar turut beroperasi tanpa pengawasan.
"Kami juga telah melakukan edukasi intensif terhadap para pengemudi untuk mengutamakan keselamatan wisatawan," kata Daldiri.

Asosiasi jip wisata telah menyerukan agar seluruh para pengemudi jip wisata senantiasa mengedepankan pelayanan terhadap wisatawan dengan mengutamakan aspek keselamatan.

"Jangan sampai terjadi hal tak diinginkan karena tak ada antisipasi, kami berharap wisata lava tour jip wisata lereng Merapi bisa menjadi kenangan tak terlupakan bagi wisatawan," kata dia.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Wasita menuturkan, pemerintah turut intens mengawasi dan melakukan inspeksi terhadap operasional jip jip wisata lereng Merapi itu.

"Jika kendaraan tak layak jalan tak boleh beroperasi karena fokus utama tetap keselamatan wisatawan," kata dia. (Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment