News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Badan Siber dan Sandi Nasional Gandeng Korsel Garap SDM

Badan Siber dan Sandi Nasional Gandeng Korsel Garap SDM


Kerjasama BSSN dengan Korea Internet Security and Agency di Museum Sandi, Kotabaru, Jogja, Kamis (21/7/2022). 

WARTAJOGJA.ID Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) menggelar kerjasama dengan Korea Internet & Security Agency (KISA) untuk meningkatkan cyber security. Terutama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa menekan kebocoran data dan phising di masyarakat.

Kepala BSSN Hinsa Siburian mengungkapkan, sejak terjadi wabah pandemi COVID-19, ancaman keamanan siber terus meningkat. Hal tersebut dipicu oleh tingginya aktivitas masyarakat di dunia digital. 

"Ancaman ini semakin besar. Terutama dipicu wabah COVID-19, yang membuat masyarakat umum beralih ke digitalisasi. Kebocoran data atau phising menjadi ancaman atau tantangan," kata Hinsa usai penandatanganan kerjasama dengan Korea Selatan di Museum Sandi, Kotabaru, Jogja, Kamis (21/7/2022). 

Hinsa mengungkapkan, dengan peningkatan ancaman kejahatan berupa kebocoran data pribadi dan phising, perlu ada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Oleh karena itu, kami lakukan kerjasama dengan Korea Selatan ini karena untuk cyber security, mereka terbaik di Asia dan nomer empat se-dunia," jelasnya. 

Kerjasama yang akan dilakukan BSSN tersebut, kata Hinsa, adalah dengan memberikan pelatihan di Poltek Siber dan Sandi Negara di Bogor. 

"Penandatangan MOU kerjasama Cyber Security dengan Korea ini karena sangat maju di bidang cyber. Untuk keamanan cyber itu dibutuhkan kerjasama internasional. Kerjasama di bidang SDM. Pusat pelatihan Politeknik Cyber di Bogor," katanya. 

Selain dengan peningkatan kualitas SDM, lanjut Hinsa, bidang lain yaitu peningkatan teknologi atau transfer dari Korea Selatan ke Indonesia.

"Cyber Security, memperkuat SDM, memperkuat teknologi. Apalagi rumusnya, semakin banyak yang menggunakan teknologi digital semakin besar resikonya," katanya. 

Penandatangan kerjasama ini, dilakukan di Museum Sandi, Kotabaru, Jogja. Kerjasama ini ditandatangani oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Presiden KISA
Mr. Won Tae Lee serta disaksikan oleh Duta Besar Republik Korea Selatan untuk Republik Indonesia Mr. Park Tae-sung dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa
Penuh Republik Indonesia untuk Republik Korea Selatan Gandi Sulistiyanto  Kamis (21/7). 

"Dari kerjasama ini, diharapkan  BSSN dan KISA bisa saling bertukar dan membagikan pengetahuan, keahlian, dan pengalaman terkait manajemen risiko dan insiden keamanan siber, penelitian dan pengembangan teknologi keamanan siber, tanda tangan digital, Pelindungan Infrastruktur Informasi Vital (PIIV) dan lainnya," katanya. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment