News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Panas Ekstrem Landa Jogja, BMKG: Jangan Langsung Kaitkan Merapi

Panas Ekstrem Landa Jogja, BMKG: Jangan Langsung Kaitkan Merapi


Ilustrasi cuaca panas (ist)

WARTAJOGJA.ID : Suhu panas terik akhir-akhir ini dirasakan oleh masyarakat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Suhu harian yang tercatat periode 1 – 12 Mei 2022 berkisar antara 31 - 33.6 °Celcius. Di mana suhu harian tertinggi 33.6 °Celcius terjadi pada tanggal 3 Mei 2022.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta meminta masyarakat tak langsung mengait-ngaitkan fenomena itu dengan aktivitas Gunung Merapi. Yang masih aktif menyemburkan awan panas dan lava pijar sehingga menimbulkan kekhawatiran berlebih.

"Suhu ekstrem ini tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Merapi," kata Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono Rabu 18 Mei 2022.

Warjono menjelaskan, memang tak menepis kemungkinan, aktivitas Merapi berpotensi memicu peningkatan suhu di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Terutama jika Merapi aktif menyemburkan awan panas.

"Kalau ada semburan awan panas tentu bisa berpengaruh pada suhu sekitarnya, tapi tentu ada perhitungan sendiri, atau diukur dengan peralatan atau sensor," kata dia.

Lantas penyebab utama panas ekstrem di Yogya kali ini lebih dipicu apa?

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta Reni Kraningtyas menjelaskan berdasarkan data hasil pengamatan di Stasiun Klimatologi Sleman,  rata-rata suhu maksimum yang terukur pada bulan Mei periode tahun 2015 - 2021 adalah 31.8°Celcius.

"Suhu maksimum tertinggi yang pernah tercatat pada periode tahun 2015 - 2021 adalah 36.4°Celcius, pada 21 Oktober 2019 silam," kata dia.

Reni mengatakan fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari di Yogya saat ini dipicu oleh beberapa hal.

Pertama, posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator, dimana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

"Juga dipicu dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari," kata Reni.

Tak hanya itu, Reni melanjutkan, suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia juga bukan fenomena gelombang panas. 

Menurut WMO (World Meteorological Organization) , gelombang panas atau dikenal dengan heatwave merupakan fenomena kondisi udara panas yang berkepanjangan selama lima hari atau lebih secara berturut-turut. 

Di mana suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5°celcius  atau lebih. 

Fenomena gelombang panas ini biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti wilayah Eropa dan Amerika yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah. Sedangkan yang terjadi di wilayah Indonesia adalah fenomena kondisi suhu panas atau terik dalam skala variabilitas harian.

"Prinsipnnya, kewaspadaan kondisi suhu panas atau terik pada siang hari masih harus diwaspadai hingga pertengahan Mei," kata dia.

Dengan kondisi tersebut, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan dan dampak buruk lainnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment