News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membahayakan, Malioboro Segera Terlarang Dari Skuter Listrik

Membahayakan, Malioboro Segera Terlarang Dari Skuter Listrik


Skuter listrik di Malioboro (istimewa)

WARTAJOGJA.ID  : Wisatawan yang selama ini gemar berskuter listrik ria menyusuri jalan Malioboro Yogyakarta, musti tahu bahwa moda itu bakal dilarang beroperasi karena berpotensi membahayakan baik pengendara ataupun pengguna jalan lain.

Pemerintah Kota Yogyakarta sudah mempersiapkan aturan yang melarang operasional skuter listrik di Jalan Malioboro itu dalam bentuk peraturan wali kota.

"Aturan saat ini telah siap dan tinggal menunggu untuk ditandatangani saja," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi Selasa 22 Maret 2022.

Heroe mengatakan dalam peraturan wali kota tersebut, operasional skuter listrik nanti bukan lagi di Malioboro melainkan diarahkan di luar kawasan Malioboro.

"Jadi kawasan Malioboro saat ini belum diizinkan untuk operasional skuter, namun akan ada jalur jalur dari kawasan Tugu Yogya sampai ke teteg atau persimpangan kereta api Stasiun Tugu," kata dia.

Heroe menuturkan peraturan soal skuter listrik ini mengacu sejumlah aturan yang berada di atasnya. Pembuatan peraturan ini melibatkan Dinas Perhubungan baik Kota Yogyakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sorotan keberadaan skuter listrik ini sebenarnya sudah mencuat sejak awal tahun ini. Terutama pasca maraknya persewaan skuter listrik di sekitar Malioboro. 

Sorotan terutama dari sisi keamanan karena pengguna skuter listrik di Malioboro sering melintas di bagian jalan utama bersama kendaraan bermotor dan tak bermotor lainnya. 

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X juga menyoroti keberadaan skuter listrik yang keberadaannya tak ada dalam regulasi lalu lintas termasuk dari aturan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Dalam Peraturan Daerah DIY pun hanya mengatur soal becak kayuh dan andong, jadi skuter tidak boleh di Malioboro, tapi kami mau melihat dulu keputusan wali kota seperti apa," kata Sultan. (Dho/Ian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment