News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

3 Kudapan Lezat yang Bisa Diolah Menggunakan Food Processor  

3 Kudapan Lezat yang Bisa Diolah Menggunakan Food Processor  


Vienta Food Processor (Bibli.com)

WARTAJOGJA.ID : Meski kadang dikeluhkan, bekerja ataupun sekolah dari rumah sebetulnya memiliki beberapa kelebihan. Semua anggota keluarga yang sebelumnya jarang bertemu, kini memiliki waktu lebih banyak untuk bersama. Ditilik dari segi biaya pun rasanya lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan biaya bensin untuk transport ke sekolah atau kantor.

Selain itu, anda pun bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk hobi yang dulu tidak sempat dilakukan karena timbunan pekerjaan serta tugas, seperti berkebun, dekorasi rumah, menjahit, atau memasak. Hobi memasak jelas sangat bermanfaat karena selama di rumah, keinginan untuk makan kudapan justru lebih besar.

Salah satu barang yang wajib dimiliki untuk mengolah makanan adalah food processor. Anda mungkin bertanya-tanya, apa bedanya food processor dengan blender biasa? Jadi, food processor merupakan alat pengolah makanan multifungsi. Anda bisa memotong bawang atau wortel, menguleni adonan kue, dan juga menggiling daging tanpa tambahan air sama sekali.

Beberapa brand yang cukup terkenal mengeluarkan food processor salah satunya adalah Food Processor Vienta. Anda juga bisa mendapatkan produk tersebut jika belanja di Marketplace seperti Blibli.
 
3 Jenis Makanan Yang diolah Menggunakan Food Processor
Apakah anda merasa bingung menentukan makanan apa saja yang bisa diolah menggunakan Food Processor? Pada artikel ini, ada beberapa rekomendasi makanan lezat dan mudah cara pembuatannya. Yuk dicatat!
 
1.  Dimsum
Siapa tidak kenal dengan dimsum? Panganan kecil nan lezat yang dikukus ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari negeri Tiongkok. Hadir sejak zaman dinasti Han (206 SM-220 M), usia dimsum sudah ribuan tahun.

Setidaknya ada 7 jenis dimsum yang popular dari segi bentuk maupun rasa. Terbuat dari olahan ayam, udang, serta kulit pangsit, anda pun bisa membuat dimsum sendiri di rumah. Meski berbeda-beda jenisnya, cara membuat dimsum mirip-mirip.

Shumai, Hakau, dan Spring Roll sebagai contoh. Anda cukup menyiapkan ayam fillet bagian dada ataupun paha (paha direkomendasikan karena hasilnya lebih juicy), lalu memasukkannya ke dalam food processor. Ingat, cukup sebentar saja, tak perlu terlalu halus. Dimsum terasa lebih enak jika dagingnya justru tercacah agak besar.

Setelah selesai, tambahkan bumbu yang dibutuhkan seperti bawang putih, minyak wijen, putih telur, tepung sagu, garam, gula, serta kecap asin dalam takaran tertentu. Aduk rata semuanya. Untuk shumai, anda bisa menggunakan kulit pangsit yang tipis, sedangkan Hakau kulitnya justru bening. Spring Roll adalah dimsum yang digoreng sehingga bisa memakai kulit pangsit biasa.
 
2.  Tahu Bakso

Anda pasti pernah mendengar tentang tahu bakso Bu Pudji. Ragam oleh-oleh yang berasal dari kota Semarang, ibukota Jawa Tengah. Kudapan yang berbentuk tahu dengan isian bakso tersebut memang sangat lezat, terutama bila disajikan bersama beberapa potongan cabe rawit.

Bagi anda yang memiliki food processor, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Semarang untuk menikmatinya. Anda mampu membuatnya sendiri asal semua bahan tersedia. Anda juga tidak perlu langsung menyantap habis semuanya di satu waktu. Tahu bakso adalah camilan yang bisa dimasukan ke dalam kulkas, untuk dikeluarkan sewaktu-waktu. Sebelum dimakan, anda cukup menghangatkannya dengan cara kukus ataupun goreng.
Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu bakso antara lain daging sapi yang digiling menggunakan food processor, tepung sagu, penyedap rasa, telur, daun bawang, serta bumbu-bumbu.
 
3.  Donat

Selain membuat mengolah makanan berbahan dasar daging, anda bisa menggunakan food processor untuk membuat kudapan manis seperti donat. Banyak orang lebih memilih dibandingkan membeli karena menguleni adonan donat cukup melelahkan.

Memang, selama ini untuk menguleni adonan roti atau donat, kebanyakan orang memakai mixer khusus yang besar dan ada bowl-nya. Nyatanya, food processor pun desainnya mampu mengolah adonan tersebut dengan trik tertentu.

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat donat dengan food processor adalah menyiapkan semua bahannya seperti tepung, telur, gula, ragi, susu, mentega, serta garam. Masukkan bahan-bahan yang dibutuhkan ke dalam food processor, kemudian giling. Jangan uleni adonan terus menerus, cukup sesekali saja misal dua puluh detik, berhenti lima detik, kemudian uleni lagi dua puluh detik, dan berhenti lagi lima detik. Cara ini mencegah mesin menjadi cepat panas.

Setelah dirasa cukup kalis, anda bisa mengeluarkan adonan dan menguleninya secara manual sebentar saja, tidak perlu lama-lama. Hanya untuk memastikan bahwa adonan betul-betul siap untuk didiamkan sejenak. Setelahnya, anda bisa membentuk, menggoreng, serta memberi toping pada donat sesuai dengan selera. Mudah sekali bukan?
 
Nah, itu dia 3 kudapan lezat yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan bantuan Food Processor. Selamat memasak, selamat berkreasi! 

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment