News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Geger Dentuman Misterius di Jogja, Sumbernya Belum Diketahui Jelas

Geger Dentuman Misterius di Jogja, Sumbernya Belum Diketahui Jelas


Ilustrasi dentuman (ist)

WARTAJOGJA.ID  : Media sosial dihebohkan dengan suara dentuman misterius yang terdengar dari langit di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siang ini Rabu 9 Maret 2022.

Berbagai lembaga pun di Yogyakarta belum mengetahui persis dentuman yang disebut terdengar di Kabupaten Sleman, Kulon Progo, juga beberapa wilayah di Magelang, Jawa Tengah itu.

Dugaan awal sempat muncul, jika sedang ada latihan supersonic jet hari ini disekitaran Kabupaten Sleman yang dilakukan Landasan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta hingga muncul sonic boom. 

Sonic boom mengacu gelombang kejut di udara sebagai akibat melintasnya pesawat-pesawat supersonik.

"Tidak ada latihan pesawat jet hari ini di langit Yogya, hanya training pesawat biasa," kata Suprih Andryanto, humas Lanud Adisutjipto Yogyakarta saat dikonfirmasi.

Suprih mengatakan di Lanud Adisutjipto hari ini hanya ada penerbangan dengan pesawat propeler atau baling-baling.

"Kalau untuk sonic boom yang bisa melakukan hanya pesawat tempur saja, dan tidak ada latihan pesawat tempur hari ini," kata dia.

Sementara dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyebut memang ada informasi 
bahwa dentuman berasal dari latihan pesawat tempur di kawasan langit bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

"Memang informasinya ada pesawat tempur melintas di wilayah YIA, tapi belum bisa dipastikan apakah itu penyeba dentuman dari pesawat,"  kata Kepala Stasiun Meteorologi YIA Warjono yang tak mendengar langsung juga dentuman yang ramai dibahas itu.

Yang bisa dipastikan BMKG Yogya bahwa terkait dentuman itu tidak ada aktivitas alam yang mencurigakan. Baik itu kegempaan maupun cuaca.

"Kami tidak mendeteksi adanya aktivitas alam yang mengeluarkan suara dentuman di sekitar Yogyakarta, baik dari kegempaan maupun fenomena cuaca," kata dia.

Pemerintah DI Yogyakarta turut memberikan klarifikasi terkait dentuman itu melalui akun media sosial resminya. 

Karena dari warganet ada yang mengkaitkannya dengan aktivitas erupsi Gunung Merapi yang masih berlangsung sehingga diklarifikasi kepada Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

"Disampaikan oleh @BPPTKG bahwa kejadian tersebut tidak berkaitan dengan Merapi. Seismogram stasiun PUSS pukul ±10.00 tidak menunjukkan aktivitas yang signifikan," sebut Pemda DIY. (Dho/Ian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment