News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bidik Aerowisata, Lanud Adisutjipto Mulai Jajaki Kajian Dengan Pemda Yogya

Bidik Aerowisata, Lanud Adisutjipto Mulai Jajaki Kajian Dengan Pemda Yogya


Ilustrasi Aerowisata (ist)

WARTAJOGJA.ID : Pihak Landasan Udara (Lanud) Adisutjipto menyatakan tengah membidik pengembangan aerowisata untuk ikut menguatkan destinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Azhar Aditama pun menyatakan telah mulai membahas kajian konsep aerowisata itu.

Pihaknya telah menemui langsung Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Guberur DIY Paku Alam X akhir pekan ini Jumat 11 Maret 2022.

"Kami akan mulai memperkenalkan aerowisata kepada masyarakat luas untuk menikmati DIY dari udara," kata Azhar Minggu 13 Maret 2022.

Azhar mengatakan dari diskusi awal dengan Sultan dan Paku Alam,  konsep program aerowisata yang hendak digarap tetap mengeksplorasi  kebudayaan Yogyakarta. Tidak sebatas sport atau olahraga seperti yang sudah ada saat ini.

"Kami ingin memberikan perspektif lain pariwisata dari udara, jadi masyarakat nanti bisa menikmati apapun yang ada dari atas langit Yogya," kata dia.

Menurutnya, potensi aerowisata Yogya masih sangat besar untuk digali dari berbagai sisi. Azhar juga ingin mengubah paradigma bahwa dunia penerbangan merupakan sesuatu yang eksklusif dan mahal lewat aerowisata ini.

Azhar telah mencoba terbang berkeliling di atas langit Yogya untuk melihat langsung bagaimana di utara Yogya ada Gunung Merapi yang kini sedang aktif mengeluarkan lahar. Lalu kondisi pantai selatan dengan pesisir yang eksotis dan membentang panjang di tiga kabupaten.

“Aspek-aspek wisata ini yang kami ingin kembangkan karena bisa turut menjadi komoditas internasional juga," kata dia.

Azhar mengaku sudah mengantongi dukungan penuh dari Sultan HB X dan Paku Alam X. Menurutnya, jika program sudah berjalan, maka bisa menggandeng banyak pihak seperti perbankan lokal, jasa wisata, perusahaan asuransi dan lainnya. 

Sehingga perputaran pariwisata dapat berjalan baik mulai dari peningkatan ekonomi secara global, mikro, dan makro.

"Kami juga ingin mengamankan sistem aerowisata ini dengan adanya asuransi sehingga nanti asuransi itu akan bergandengan dengan perbankan yang ada di Yogya," kata dia.

Azhar sebelumnya juga menyambangi Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA di Kabupaten Kulon Progo menggunakan Pesawat Cessna L-1803.

“Bandara YIA menjadi pintu masuk wisatawan manca pun telah dilengkapi fasilitas layanan penerbangan terbaik, jadi untuk mengangkat sektor wisata di Yogya ini semua telah mendukung," kata dia.

PRIBADI WICAKSONO

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment