News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawa Tanah dan Air dari Keraton, Sultan HB X Dampingi Presiden Jokowi Kunjungi IKN

Bawa Tanah dan Air dari Keraton, Sultan HB X Dampingi Presiden Jokowi Kunjungi IKN


Sultan HB X di pesawat kepresidenan saat mendampingi Presiden Jokowi bertolak ke IKN dari Lanud Adisutjipto Yogya Minggu (13/3)


WARTAJOGJA.ID : Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo ke Kalimantan Timur dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta menggunakan pesawat kepresidenan Minggu 13 Maret 2022.

Rombongan tersebut akan menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (14/3) esok. 

Sultan HB X turut membawa tanah dan air dari Yogyakarta yang nanti akan disatukan dengan tanah dan air dari seluruh daerah di penjuru Indonesia.

"Sultan HB X mengambil tanah dan air dari Keraton Yogya," kata Kepala Bagian Humas, Biro Umum, dan Protokol Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji.

Ditya menuturkan soal makna dan alasan tanah dan air diambil dari Keraton Yogya itu, pihaknya mengatakan nanti akan dijelaskan oleh Sultan HB X sendiri.

"Ngarso Dalem nanti yang akan menyampaikan soal itu," kata Ditya.

Tanah dan air ini rencananya akan diletakkan di IKN sebagai penanda bahwa di sana nantinya akan menjadi ibu kota negara, pusat bagi Indonesia. 

Upacara simbolis penggabungan tanah dan air ini akan dilakukan di Titik Nol Kilometer IKN pada Senin esok.

Selain Gubernur DIY, Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur didampingi oleh antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Acara di IKN esok hari juga akan dihadiri para gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment