News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Erupsi Merapi Tak Pengaruhi Wisatawan, Kaliurang Padat

Erupsi Merapi Tak Pengaruhi Wisatawan, Kaliurang Padat


Kawasan Tlogo Putri Kaliurang dipadati wisatawan Minggu (13/3)

WARTAJOGJA.ID : Wisatawan terpantau memadati sejumlah obyek wisata di kawasan lereng Gunung Merapi pada Minggu 13 Maret 2022.

Padahal pada Rabu-Kamis, 9-10 Maret lalu, Merapi baru saja memuntahkan awan panas cukup jauh hingga lima kilometer dan membuat sejumlah obyek rawan ditutup.

Salah satu yang keramaian wisatawannya mencolok, obyek wisata Kaliurang yang tampak penuh kendaraan pribadi maupun bus bus luar Yogyakarta. 

Di kawasan yang masih jadi bagian Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) itu wisatawan menyerbu obyek obyek seperti Tlogoputri juga air terjun Tlogomuncar serta Taman Kaliurang.

Sementara di kawasan Ledok Sambi hingga gapura Kaliurang, wisatawan juga tampak menyerbu persewaan jip-jip wisata yang berjejer.

Narendra, 25, wisatawan asal Jepara Jawa Tengah yang datang bersama rombongan keluarganya mengatakan Kaliurang jadi tujuan rekreasinya pada sore hari setelah ia menyambangi Tebing Breksi pada pagi harinya.

"Mau jajal skuter listrik di Kaliurang yang lagi ngetrend itu sambil klangenan kulineran sate kelinci di depan Tlogo Muncar, soalnya sudah lama tidak ke sini," kata karyawan swasta itu.

Kawasan wisata Kaliurang sendiri tak masuk dalam daftar obyek wisata yang ditutup. 

"Kawasan lereng Merapi dengan radius aman seperti Kaliurang yang berjarak 6,8 kilometer dari puncak juga destinasi di seputaran Kopi Merapi yang berjarak tujuh kilometer tetap boleh beroperasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono.

Pemerintah Kabupaten Sleman hingga saat ini masih menutup Bungker Kaliadem, Bukit Wisata Klangon, wisata religi Turgo, petilasan Mbah Maridjan, serta wisata tracking di sekitar lereng itu walau jaraknya lebih dari lima kilometer.

Usai melontarkan awan panas terjauhnya pada pekan ini, Merapi pun tampak melandai kembali. Namun meski tak memuntahkan awan panas, puluhan lava pijar Merapi masih terus bermunculan sepanjang Jumat hingga Minggu, 11-13 Maret.

Pada Jumat, Merapi menghembuskan 15 kali lava pijar dengan jangakauan 1,8 kilometer. Lalu pada Sabtu terdapat 28 kali lava pijar dengan jangkauan terjauh 1,8 kilometer.

Sedangkan pada hari Minggu ini, dari pukul 06.00-12.00 terdapat setidaknya empat kali lava pijar yang dikeluarkan Merapi dengan jangkauan terjauh 1,5 kilometer. (Van/Mun)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment