News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

RS DKT dr. Soetarto Buka Layanan CT Scan dan ESWL Gratis untuk Peserta BPJS, Bebas Antre dan Tanpa Ribet

RS DKT dr. Soetarto Buka Layanan CT Scan dan ESWL Gratis untuk Peserta BPJS, Bebas Antre dan Tanpa Ribet


Karumkit RS DKT dr Soetarto Letkol Ckm dr. Zamroni, Sp.U. menunjukkan fasilitas CT Scan dan ESWL yang bisa diakses untuk masyarakat umum.

WARTAJOGJA.ID: Pengalaman antre yang lama di RS (Rumah Sakit) atau klinik pasti sudah pernah dirasakan oleh hampir semua orang. Membayangkan antrean yang panjang, ditambah rumitnya prosedur peraturan yang dibuat oleh beberapa pusat pelayanan medis sering kali membuat sebagian besar orang merasa enggan dan terbebani untuk memeriksakan dirinya ke RS.

RS DKT dr.Soetarto memberikan solusi permasalahan bagi anda yang tidak ingin ribet datang ke RS. Melalui konsultasi dan reservasi via Wa (Whatsapp) yang dilayani oleh customer service, pasien dapat memilih klinik beserta dokter yang sudah tertera jadwalnya dengan lengkap, sehingga pasien bisa menentukan jam dan tanggal pemeriksaan sesuai keinginannya agar lebih efisien.

"Yang membedakan dengan RS lain, seluruh layanan di RS DKT bisa diakses tanpa antre, dengan cara membooking terlebih dahulu untuk jam dan hari pemeriksaan via WA di nomor 089656652057. Jadi, kami siapkan dulu seluruh layanan medis agar saat datang pasien langsung bisa ditangani tanpa harus mengantre untuk mendapatkan giliran pemeriksaan," ujar Letkol Ckm dr. Zamroni, Sp.U. selaku Karumkit (Kepala Rumah Sakit) RS DKT dr Soetarto, Rabu (16/2/2022).

Selain menguntungkan bagi pasien, sistem booking atau reservasi ini juga dapat memberikan keuntungan bagi klinik dan RS. Penjadwalan ini membuat layanan kepada pasien rawat jalan dapat berjalan lebih baik.

Tidak hanya itu, Dokter Zamroni menuturkan, RS DKT dr. Soetarto yang beralamatkan di Jalan Juadi No.19, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta ini juga terus mengembangkan diri dengan melengkapi dan melakukan modernisasi peralatan medis baru yang canggih dan mumpuni guna meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat umum.

Antara lain, ada ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) atau alat pemecah batu ginjal tanpa operasi, dan CT (Computed Tomography) Scan 160 Slice menggunakan teknologi X-Ray (Sinar-X) revolusioner yang mampu menghasilkan gambar yang detail dan jernih.

Semua layanan ini ditangani oleh Tim Medis RS DKT dr. Sortarto yang berkompeten namun dengan harga yang terjangkau. Semua dapat diakses secara gratis bagi para peserta BPJS Kesehatan dengan prosedur yang mudah dan tidak ribet. 

Dokter Zamroni menyampaikan, di samping kedua fasilitas tersebut, pihaknya juga membuka berbagai layanan Poliklinik Spesialis yang baru, yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat umum.

Berbagai Layanan Poliklinik dari dokter-dokter spesialis itu antara lain Klinik Bedah Urologi, Klinik Bedah Orthopedi, Klinik Bedah Umum, Klinik Obsgyn, Klinik Penyakit Dalam, Klinik Anak, Klinik Syaraf, Klinik Mata, Klinik Kulit dan Kelamin, Klinik Psikiatri, Klinik THT (Telinga Hidung Tenggorokan), Klinik Rehab Medik, Klinik Jantung, Klinik Paru, Klinik Gizi, Klinik Gigi dan Mulut, Klinik Gigi Konservasi Gigi, dan Klinik Orthodonti.

"Semuanya bisa diakses secara gratis dengan BPJS, termasuk alat penunjang medis seperti CT Scan dan ESWL. Kita tidak menarik biaya apapun dari peserta BPJS, cukup membawa rujukan dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) saja," ungkapnya.

Termasuk juga penggunaan berbagai fasilitas penunjang medis lainnya seperti Kamar Operasi, ICU (Intensive Care Unit), Radiologi, Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction), Hemodialisa, Fisioterapi, Instalasi Gizi, Farmasi, Pemulasaran Jenazah, dan Insenerator.

Kemudian, RS DKT dr. Soetarto juga memiliki  unit layanan Medical Check Up  (pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh) salah satunya adalah metode pemeriksaan Spirometri, Echocardiografi, dan Treadmill (exercise) untuk mengecek dan memantau pernapasan paru-paru, perekaman irama detak jantung, dan pengukuran tekanan darah.

Dengan peningkatan pelayanan dan segudang fasilitas baru tersebut, dr Zamroni pun berharap, RS DKT bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memperoleh dan mengakses pelayanan kesehatan yang lebih baik, selain fasyankes lainnya yang ada Jogja.

Terkait ESWL dan CT Scan, Dokter Zamroni menjelaskan, ESWL merupakan tindakan tanpa operasi atau tanpa pembedahan (non-invasif) untuk menangani penyakit batu ginjal, batu saluran kemih, batu kandung kemih, maupun batu empedu.

"Jadi, sistem kerjanya, adalah dengan memancarkan gelombang kejut dari luar tubuh. Gelombang kejut ini ditembakkan dari luar tubuh dan dikonsentrasikan di sekitar ginjal untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil dan lebih halus sehingga dapat dikeluarkan bersama urine (air seni)," ucapnya.

Tindakan ini sama sekali tak memerlukan sayatan ke kulit sehingga tidak membutuhkan penanganan observasi yang lama seperti pasca operasi. Proses ESWL pun tergolong singkat, hanya dengan membutuhkan waktu 1-2 jam saja, dan setelah itu pasien yang telah diterapi dapat melanjutkan aktivitasnya kembali.

Unit ESWL yang digunakan di RS DKT dr Soetarto Yogyakarta menggunakan teknologi yang canggih sehingga membuat waktu tindakan lebih cepat, mengurangi rasa sakit yang dirasakan, dan suara yang lebih halus untuk meningkatkan kenyamanan saat dilakukan tindakan.

Selanjutnya, Dokter Zamroni menjelaskan, CT scan adalah prosedur pemeriksaan medis yang menggunakan kombinasi teknologi sinar-X dan sistem komputer khusus untuk menghasilkan gambar organ, tulang, pembuluh darah, dan jaringan lunak di dalam tubuh.

Gambar dari hasil pemeriksaan CT scan dapat memberikan informasi yang lebih rinci dan akurat daripada foto Rontgen biasa, dan memvisualisasikan hampir semua bagian tubuh dan untuk mendiagnosis penyakit atau cedera.

Dengan begitu, dokter dapat merencanakan perawatan medis yang bisa dilakukan, seperti bedah atau radiasi.

CT scan perlu dilakukan pada orang-orang yang ditengarai mengalami pendarahan internal akibat mengalami kecelakaan atau cedera seperti benturan, dan mengalami gejala-gejala tumor atau penyakit jantung.

Menurut Dokter Zamroni, meski pengelolaannya berada di bawah TNI AD, namun RS DKT dr. Soetarto ini bisa diakses oleh seluruh warga dan masyarakat umum. 

"Kami ingin berkontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan sekitarnya. Tugas pokok kita memberikan pelayanan kesehatan untuk tentara dan keluarganya, atau PNS TNI dan keluarganya. Tapi, saat ini juga mencakup seluruh masyarakat di DIY," imbuhnya.

Sebagai salah satu RS rujukan COVID-19 (Corona Virus Desease-19) di Jogja, kata Dokter Zamroni, RS DKT tetap memberikan pelayanan vaksin COVID-19 dosis pertama, dosis kedua, dan vaksin booster gratis. Caranya dengan  mendaftarkan diri di link bit.ly/vaksindkt dan bit.ly/vaksin3dkt.

Di tengah situasi melonjaknya angka penambahan positif COVID-19, lanjut Dokter Zamroni, RS DKT juga memberikan pelayanan 24 jam nonstop untuk Tes Swab PCR dengan hasil cepat dan harga yang terjangkau.

Tes Swab PCR saat ini merupakan pemeriksaan paling andal dan akurat untuk mendeteksi infeksi materi genetik Virus Corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment