News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Otoped Marak Di Lereng Merapi, Sleman Lakukan Pembatasan

Otoped Marak Di Lereng Merapi, Sleman Lakukan Pembatasan


Layanan otoped yang mulai marak di Kaliurang Sleman (dok.istimewa)

WARTAJOGJA.ID : Keberadaan skuter listrik atau otoped tak hanya marak di kawasan perkotaan Yogya seperti Malioboro dan sekitarnya.
Moda itu pun belakangan juga terdeteksi di kawasan wisata lereng Gunung Merapi, seperti obyek wisata Kaliurang Kabupaten Sleman Yogyakarta.

“Dengan maraknya otoped belakangan ini di kawasan Kaliurang itu kami akan menatanya, agar kawasan Kaliurang tetap menjadi destinasi wisata yang nyaman dan aman bagi wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono Rabu 9 Februari 2022.
Suparmono menceritakan, kemunculan otoped di kawasan wisata Kaliurang ini dimulai dari pihak hotel di kawasan itu yang menyediakannya bagi wisatawan. 
“Jadi otoped ini disediakan hotel di sana lalu menjadi atraksi baru,” kata dia. 
Mengingat otoped bukan moda kendaraan umumnya, Dinas Pariwisata Sleman lantas melibatkan Dinas Perhubungan, Kecamatan Pakem, Kelurahan Hargobinangun, dukuh hingga perwakilan dari operator otoped Kaliurang berembug. Agar penggunaannya tak melenceng dan berpotensi membahayakan pengguna jalan umum mengingat wisata Kaliurang destinasi favorit.
“Kami sudah bersepakat melakukan penataan jalur otoped agar para pengguna jalan merasa nyaman dan pengguna otoped juga aman dalam menikmati wahana itu,” ujar Suparmono.
Pembatasan jalur otoped dilakukan khususnya pada hari-hari libur karena saat itu kunjungan wisata dengan berbagai kendaraan umum atau pribadi diprediksi padat.
“Jadi untuk warga yang ingin menikmati touring kawasan Kaliurang dengan otoped agar lebih nyaman disarankan datang selain hari libur,” kata dia. 
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana menjelaskan untuk penataan otoped di kawasan Kaliurang juga obyek wisata lain, saat ini pihaknya masih menunggu draf usulan jalur otoped yang disusun oleh paguyuban operator bersama pengampu wilayah. 
“Dari jalur usulan tersebut nanti akan kami bahas terkait feasibilitas jalur yang akan digunakan, untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan,” kata dia. (Dho/Ian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment