News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tebar Ribuan Bibit Ikan di Kali Winongo, Eko Suwanto Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Tebar Ribuan Bibit Ikan di Kali Winongo, Eko Suwanto Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan


Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto dari Fraksi PDI Perjuangan tebar benih ikan bersama warga Senin (6/12)

WARTAJOGJA.ID : Salah satu upaya mencegah dan menambah imun tubuh adalah dengan konsumsi sumber pangan bergizi. Lewat makanan yang bergizi,  pemerintah berharap bisa mengendalikan pandemi Covid-19 saat ini. 

Salah satu cara mendapatkan sumber pangan sehat, masyarakat diajak meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara gemar makan ikan. 

“Jadi, salah satu upaya melawan Covid, selain patuh jalankan protokol kesehatan. Kita ajak masyarakat lebih gemar makan ikan, jadi menu sumber makanan sehat dan bergizi tinggi. Nah pagi ini kita tebar 10.400 bibit ikan di Sungai Winongo. Ayo ikannya dirawat dengan merawat sungai tetap bersih dan tidak boleh buang sampah ke sungai” ujar Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto dari Fraksi PDI Perjuangan, Senin (6/12/2021). Turut hadir diacara tersebut sekaligus secara bersama ikut menebar ikan, Dirga ketua RW 5, Taruna Bhakti ketua RK, ketua RW 11 Partini dari Kelurahan Bumijo Yogyakarta.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY menegaskan hal tersebut saat bersama Dinas Kelautan dan Perikanan DIY menebar bibit ikan di aliran Sungai Winongo di kawasan Kampung Badran dan Pingit,  Kota Yogyakarta. 

Eko Suwanto menyebutkan bibit ikan lokal yang ditebar di Kali Winongo tersebut sebanyak 10.400 ekor. Terdiri dari jenis ikan wader, nila, sepat, tawes dan uceng. 

Bibit ikan ini merupakan hasil budidaya dari UPTD pada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Lewat tebar  ribuan bibit ikan   di  sungai ini ada harapan bibit ikan yang ditebar bisa beradaptasi dan berkembang serta tumbuh sehingga menambah populasi ikan di sungai.

Menurut Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta agar bibit ikan itu bisa hidup dan berkembang biak,  air sungai jangan sampai tercemar buangan sampah dari warga. 

“Jangan buang sampah sembarangan. Tumpukan sampah seperti itu harus jadi perhatian pemda. Pemda perlu senantiasa mengajak masyarakatnya merawat kebersihan sungai,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta ini mengakui dalam mengelola kelestarian sungai tidak  bisa dilakukan sendirian kerena dari hulu sampai ke hilir harus dirawat sebaik-baiknya.  Maka perlu kerjasama antara pemda dengan dinas terkait, sehingga ikan-ikannya bisa hidup dan dikonsumsi masyarakat sekitar. 

“Kita  ajak masyarakat membangun kesadaran berdams. Ajak setiap orang supaya tidak buang sampah sembarangan,” kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Heri Sulistyo Hermawan, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY menilai pentingnya ekosistem perairan sungai  dijaga agar ikan dan biota lainnya bisa tumbuh secara baik.  

"Untuk pelaksanaan program ini tidak bisa dilakukan sendiri. Harus lintas sektor dan jadi tanggung jawab bersama dalam pelestarian ekosistem sungai," kata Heri Sulistyo Hermawan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment