News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pimpin Upacara Peringatan Hari Nusantara, Kapolda DIY : Momentum Bangkit dan Pulihkan Kondisi Akibat Pandemi

Pimpin Upacara Peringatan Hari Nusantara, Kapolda DIY : Momentum Bangkit dan Pulihkan Kondisi Akibat Pandemi


Peringatan Hari Nusantara di Stadion Mandala Krida Yogyakarta Senin (13/12)

WARTAJOGJA.ID : Peringatan Hari Nusantara tidak terlepas dari proses perjuangan untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara Kepulauan, yang dicetuskan melalui “Deklarasi Djoeanda” tanggal 13 Desember 1957.

Konsep deklarasi ini mendasari perjuangan bangsa Indonesia untuk menjadi rezim negara kepulauan atau “Archipelagic State”. 

Atas dasar inilah Negara Indonesia memandang laut sebagai jati diri bangsa sekaligus sebagai pemersatu dan perekat bangsa.

Upacara Hari Nusantara Tahun 2021, pada hari Senin, 13 Desember 2021, dilaksanakan di Stadion Mandala Krida. 

Bertindak selaku inspektur upacara, Kapolda DIY, Irjen. Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si. dan bertindak selaku komandan upacara Perwira Staf Operasional (Pasops) Lanal Yogyakarta, Mayor Laut Yuhanit.

Dalam amanat yang disampaikan, Kapolda DIY menyampaikan agar kita dapat benar-benar menghayati setiap hikmah kehidupan dan mengakumulasikannya. 

Dengan demikian maka Insya Allah kita akan segera bangkit dan meneruskan lagi ikhtiar pengabdian kepada Ibu Pertiwi, dengan modal sosial karakter kenusantaraan dan keIndonesiaan kita. 

“Kita memang patut berbangga dengan berbagai fakta sejarah kemaritiman Nusantara, seperti yang tertuang dalam bait lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut, dan saat ini, menjadi tugas kita bersama untuk menyempurnakan legasi masa lampau dengan memberdayakan potensi kemaritiman, melalui kaderisasi insan-insan samudera masa depan dengan dilandasi tekad prosperity by the sea - sejahtera dari samudra dalam semangat transformasi Among Tani Dagang Layar,” ucap Kapolda DIY saat membacakan sambutan Gubernur DIY.

Dari titik tolak pemikiran itulah, Peringatan Hari Nusantara pada tahun ini dijadikan sebagai momentum untuk bangkit dan memulihkan kondisi dari keterpurukan multidimensi akibat pandemi. 

Kapolda DIY juga menyampaikan bahwa inilah saat yang tepat untuk menggali dan mengoptimalkan setiap potensi agar roda pembangunan kembali bergulir, dan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat dapat berjalan lagi selaras dengan tatanan new normal diantaranya yaitu; tetap konsisten menerapkan protokol 5M serta melakukan pemulihan ekonomi dan pariwisata dengan membuka lagi titik-titik transaksi secara bertahap serta penguatan sektor  bisnis.

Selain itu juga mengembangkan konsep-konsep revolusi industri keempat, reformasi birokrasi yang linier di bidang layanan publik dan pemerintahan dengan upaya membentuk karakter SMART ASN dengan mengubah mindset dari Pangreh Projo menjadi karakter Pamong Praja yang sebesar-besarnya melayani masyarakat.

Pejabat yang hadir pada Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2021 Daerah Istimewa Yogyakarta, diantaranya Danlanal DIY, Kasrem 072 Pamungkas, Plt. Kajati DIY, Plt. Kapengti DIY, Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan Setda DIY dan Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol (Biro UHP) Setda DIY. 

Adapun peserta upacara terdiri dari pasukan Korem 072 pamungkas, Lanal Yogyakarta, Lanud Adi Sutjipto, Polda DIY, Ditpolairud Polda DIY, ASN Pemda DIY, Basarnas DIY dan Satuan Korsik Ajenrem 072 Pamungkas. (Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment