News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bersama Remaja Masjid, Mahasiswa KKN UAD Ajarkan Pembuatan Hand Sanitizer Demi Kuatkan Silaturahmi

Bersama Remaja Masjid, Mahasiswa KKN UAD Ajarkan Pembuatan Hand Sanitizer Demi Kuatkan Silaturahmi


Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dari kelompok KKN unit II.D.3 Alternatif-75 memberikan edukasi mengenai covid-19 menggunakan cara penyuluhan membuat hand sanitizer.

WARTAJOGJA.ID - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dari kelompok KKN unit II.D.3 Alternatif-75 memberikan edukasi mengenai covid-19. 

Menggunakan cara penyuluhan membuat hand sanitizer dan disertai dengan membagikan masker. Pembagian dan penyuluhan tersebut difokuskan kepada remaja Masjid Baabul Jannah Sudagaran. Kegiatan ini berlangsung di Wilayah RW 10 Sudagaran, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, pada (Minggu/28/11) lalu.

Menjalankan kegiatan ini, mahasiswa KKN UAD unit II.D.3 Alternatif-75 dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan Dian Prasasti, S.Si., M.Sc.. Jumlah mahasiswa KKN berjumlah 9 orang, yaitu Dwi Yan Indra Darmawan (Teknik Informatika), Mila Utami W. (Teknik Kimia), Twigy Eva Audry (Pendidikan Matematika), Maudy Farah Islamika (Manajemen), Maulinda Refhi Setiawan (Matematika), Wildan Ghufron (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Solichatul Wahyu Wulandari (PG PAUD), Lusiana Aryanti (Ilmu Komunikasi), dan Dandi Dika Aditia (Ilmu Komunikasi).

Kegiatan ini dihadiri sekitar 15-25 remaja Masjid Baabul Jannah Sudagaran. "Dalam melakukan kegiatan edukasi covid-19 ini, bukan hanya untuk mencegah penyebaran covid-19. Mahasiswa KKN UAD II.D.3 mengharapkan para remaja mampu mempraktikkan dalam membuat hand sanitizer sendiri," ucap ketua kelompok KKN, Dwi Yan Indra Darmawan.

Hand sanitizer yang dibuat sangat mudah dalam tata cara membuatnya. Mampu membunuh bakteri yang menempel di area tangan. Aman untuk digunakan dan mudah dicari di toko-toko bahan kimia. Bahan-bahan yang digunakan Alkohol 96%, Gliserol, Essence dan Air. Setelah semua bahan hand sanitizer disiapkan, lalu bahan-bahan tersebut dicampurkan dalam satu botol. Selanjutnya agar semua bahan tercampur jadi satu atau homogen( larut), botol perlu dikocok pelan.
Hand sanitizer yang telah dibuat remaja dimasukan ke dalam botol spray. Lalu dibagikan untuk remaja dan warga di sekitar Masjid Baabul Jannah Sudagaran, Tegalrejo.
"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari beberapa program yang telah kelompok kami lakukan, karena dapat membantu memberi pengetahuan dalam membuat hand sanitizer kepada remaja Masjid Baabul Jannah Sudagaran. Serta membantu masyarakat dalam mencegah covid-19 dan merupakan tujuan dari program KKN UAD dalam menjaga kesehatan di masa pandemi covid-19”. sebut ketua KKN yang akrab dipanggil Indra.
Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara remaja Masjid Baabul Jannah Sudagaran, RW 10 Sudagaran, Tegalrejo dengan para mahasiswa KKN UAD II.D.3 Alternatif-75. Selain itu dapat memberikan arahan padangan baru mengenai pencegahan dampak dan bahaya covid-19 di wilayah tersebut. Di akhir acara dilakukan pembagian masker dan hand sanitizer yang telah di buat remaja secara gratis. 
Indra menambahkan, "Remaja masjid agar selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam pencegahan Covid-19. Seperti memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, mengurangi aktivitas kumpul-kumpul, serta jika baru pulang dari zona merah harus menjalani isolasi mandiri." (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment