News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wawali Heroe Poerwadi : Kelestarian Sungai Tanggung Jawab Semua

Wawali Heroe Poerwadi : Kelestarian Sungai Tanggung Jawab Semua


Wawali Heroe Poerwadi hadiri acara Merti Kali Gadjah Wong Minggu (21/11)


WARTAJOGJA.ID : Sebagai upaya menjaga kelestarian sungai/kali agar terus memberi manfaat bagi warga masyarakat, warga Kampung Gendeng, Kelurahan Baciro, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta menggelar merti kali.

Ketua panitia merti kali, Joko Budi Santosa menuturkan selain untuk melestarikan budaya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menjaga kearifan lokal di tengah arus perubahan yang kian cepat.
"Ini adalah kegiatan kebudayaan yang dimaksudkan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan sungai, dalam hal ini adalah sungai gajahwong," bebernya di lokasi, Minggu (21/11/2021).

Melalui merti kali tersebut, Ia mengajak agar seluruh warga di sepanjang bantaran sungai serius melakukan usaha-usaha konservasi/pelestarian sungai. 

Pihaknya pun bersama warga setempat berkomitmen untuk selalu mejaga kebersihan dan kelestarian sungai Gajahwong. “Penghijauan kembali bantaran sungai, pengelolaan sampah di pinggir sungai, pengelolaan limbah cair dari rumah tangga, dan menabur benih ikan merupakan aksi nyata konservasi sungai,” katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengapresiasi kegiatan merti kali tersebut, karena menurutnya, peran serta masyarakat adalah sangat penting. Selama ini, manusia ditengarai sebagai pengambil manfaat terbesar dari sungai.

“Peningkatan kepedulian masyarakat, khususnya masyarakat di seputar sungai adalah dengan kepedulian untuk memberikan dan melestarikan sungai, seperti tidak membuang sampah di sungai, mengambil binatang-binatang sungai ataupun melakukan tindakan merusak habitat sungai, karena itu adalah awal dari timbulnya bencana banjir dan longsor di sungai,” jelasnya.

Wawali mengungkapkan sungai merupakan salah satu bentuk ekosistem dimana terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya yang saling mempengaruhi dan saling membutuhkan.

"Kali Gajahwong juga merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan bagi warga Kota Yogya, oleh karena itu, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam secara sustainable dengan mempertimbangkan kondisi dan keseimbangan lingkungan,” tuturnya.
Pihaknya mengungkap kegiatan merti kali atau kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan upaya pelestarian lingkungan sungai harus terus dilestarikan.

“Kegiatan ini menjadi semangat dalam menjaga kelestarian sungai sekaligus sebagai inspirasi masyarakat luas untuk menjaga kelestarian sungai,” ucapnya. 
Karenanya, lanjutnya, tujuan merti kali adalah untuk mengajak warga sepanjang bantaran sungai untuk menjaga kelestarian sungai dan mata airnya. 

"Dengan harapan agar warga sekitar sungai tetap aman dan hidup rukun dengan sungai," ujarnya. (Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment