News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Digital Tourism Sarana Promosi Pariwisata yang Efektif

Digital Tourism Sarana Promosi Pariwisata yang Efektif




Karanganyar – Digital tourism merupakan salah satu strategi efektif untuk mempromosikan potensi unggulan suatu daerah melalui platform berbasis teknologi dengan target wisatawan milenial.

“Dunia pariwisata mengalami tantangan baru seiring zaman yang terus bergerak maju. Tantangan ini lahir karena perbedaan pola transaksi,” ungkap Selfi Budi Helpiastuti, Dosen/Pengajar Universitas Jember, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (14/6/2021).

Menurut dia, pasar saat ini memang sudah menjadi jagad digital, di mana penjual, pedagang dan pembeli bisa bertransaksi tanpa harus bertemu secara fisik.

Konsekuensinya, keamanan jadi bertambah luas untuk melindungi manusia dari ancaman digital, seperti penipuan di internet atau pencurian identitas dan sebagainya.

Selfi kemudian membagikan tips sederhana agar tidak menjadi korban penipuan digital, meski cara tersebut seringkali diabaikan. Pertama, kata dia, harus turut aktif menjaga data pribadi. Misalnya menjaga kerahasiaan password.

Kedua, ingatlah selalu untuk tidak membagi data pribadi seperti nomor KTP, nomor telepon, username, nama ibu kandung dan OTP. “Industri pariwisata memang menghadapi tantangan besar di era  digital, terutama yang berkaitan keamanan digital. Namun segala ancaman itu bisa ditanggulangi jika kita menerapkan perlindungan berlapis,” kata dia.

Narasumber lainnya pada webinar bertema Memajukan Pariwisata melalui Transformasi Digital kali ini, Putu Eka Trisna Dewi selaku Dosen Universitas Ngurah Rai dan Anggota IAPA, menjelaskan transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital. Cara bisnis dan pelayanan kepada pelanggan secara drastis berubah.

Menurut dia, ini telah menjadi hal yang umum pada era digitalisasi. Itu karena setiap organisasi, terlepas dari ukuran atau industrinya, semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Dipandu moderator Dannys Citra, webinar juga menghadirkan narasumber Rizki Ayu Febriana (Kaizen Room), Nurly Meilinda (IAPA) dan Ayu Rachmah (Automotive Enthusiast/Influencer) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment