News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dalami Agama di Dunia Maya  

Dalami Agama di Dunia Maya  





Demak: Dakwah Digital untuk Melawan Konten Negatif adalah salah satu cara agar kita terhindar dari penyalahgunaan media digital, demikian penjelasan Ardiyansyah dalam webinar Kominfo yang bertajuk Dalami agama di dunia maya di kabupaten Demak Senin/ 2 Agustus 2021.
 
Dia mengatakan Pentingnya Dakwah Digital Melalui Internet, Potensi besarnya pengguna internet di Indonesia. Pertama, besarnya jumlah pengguna media sosial di Indonesia. kedua semakin meningkatnya berbagai kejahatan
siber dan ragam jenisnya. Ketiga Semakin meningkatnya kasus konten negatif
di internet. Keempat Pentingnya Dakwah Digital Melalui Internet Semakin meningkatnya resiko keamanan dan tindak asusila melalui internet.
 
" Diharapkan mampu memenuhi kebutuhan wawasan keagamaan yang benar dan kuat bagi masyarakat umum, khususnya bagi masyarakat pengguna perangkat digital," katanya.
 
Sementara itu Daru Wibowo mengatakan pentingnya mendalami nilai agama melalui media online.
 
" Kita harus mengetahui asal muasal narasumber dan media online yang kita baca sehingga tidak menjadi penjelasan yang sesat nantinya," katanya.
 
Webinar ini berlangsung selama 3 jam. Digagas oleh Kominfo RI dengan menghadirkan sejumlah pembicara handal. Masing-masing pembicara memaparkan materinya selama 25 menit. Hadir pula Slamet Budiyono, Kepala MAN 1 Surakarta dan Shofi yang memaparkan materinya seputar etika dan budaya digital. 
 
Kepada peserta webinar Slamet Budiyono mengajak untuk menggunakan media sosial secara arif dan bijaksana. Karena, kata dia, media sosial itu ibarat dua sisi mata pisau. Bisa digunakan untuk mendatangkan kebaikan. Tapi, media sosial juga dapat membuat banyak keburukan.
 
“Jika dipakai untuk belajar, menambah teman dan membuat konten edukasi, tentu saja media sosial menjadi alat yang baik dan bagus untuk mengembangkan produktifitas. Tapi, bagaimana bila media sosial dijadikan ajang untuk mencaci maki, mencela orang, tentu ini outpunya jadi tidak baik,”jelasnya.
 
 
Webinar semakin semarak dengan kehadiran Bella Nabila, seorang produser TV yang diundang Kominfo secara khusus untuk berbagi pengalaman di media digital. Para peserta tampak antusias mengikuti acara dengan mengirimkan pertanyaan di kolom chat box. Acara lalu diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama.(*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment