News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Grebeg Syawal Idul Fitri Tahun Ini Masih Ditiadakan Keraton Yogya

Grebeg Syawal Idul Fitri Tahun Ini Masih Ditiadakan Keraton Yogya


Keraton Yogya (ist)

WARTAJOGJA.ID : Keraton Yogyakarta memastikan pada momentum Idul Fitri 1442 H tahun ini, sejumlah tradisi-adat istiadat masih terpaksa ditiadakan karena situasi penularan Covid-19 yang belum mereda.

Salah satunya yang terdekat tradisi Grebeg atau Garebeg Syawal, yang biasanya digelar Keraton Yogya di kawasan Alun-Alun Utara hingga Masjid Gedhe Kauman. 

"Guna mendukung anjuran pemerintah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di DIY, rangkaian peringatan Idulfitri 1442 H yakni Hajad Dalem Garebeg Syawal yang sejatinya digelar Kamis (13 Mei)  serta Hajad Dalem Ngabekten akan ditiadakan," kata Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura (KHP) Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono Selasa 11 Mei 2021.

Sebelum pandemi, jelang siang usai pelaksanaan shalat ied, ribuan warga dan wisatawan biasanya berkumpul di area depan Keraton Yogya untuk menyaksikan iring-iringan tujuh gunungan yang akan dikirim Keraton Yogya ke berbagai tempat. Gunungan simbol sedekah raja berupa hasil bumi itu kemudian diperebutkan masyarakat karena dipercaya membawa berkah.

Condrokirono mengatakan meski Grebeg Syawal tahun ini ditiadakan seperti tahun lalu, keraton akan tetap melakukan penyesuaian prosesi. Dalam bentuk pembagian rengginang secara terbatas untuk kalangan internal keraton saat momen itu.

“Rengginang ini juga akan dibagikan ke dua tempat yang berbeda sebagaimana Garebeg pada umumnya, yakni Puro Pakualaman dan Kepatihan,” kata Condrokirono.
 
Putri kedua Raja Keraton Sri Sultan Hamengku Buwono X itu menambahkan walaupun arak-arakan gunungan dan prajurit pada Garebeg Syawal tidak diselenggarakan, makna Garebeg itu sendiri tidaklah hilang.

“Meski tidak ada prosesi arak-arakan prajurit dan gunungan, Garebeg tetap tidak kehilangan esensinya, yakni perwujudan rasa syukur dari raja atas melimpahnya hasil bumi, yang dibagikan untuk rakyatnya,” imbuh Condrokirono. 

Hal ini sebagai bentuk konsistensi keraton dalam melestarikan budaya dalam berbagai situasi.
 
Di samping itu, kegiatan wisata keraton selama Idulfitri 2021 juga akan ditutup, namun selama dua hari saja yakni Kamis- Jumat, 13-14 Mei 2021.

"Segala kegiatan pementasan paket wisata di Keraton Yogyakarta juga masih diliburkan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan," kata dia.

Pada masa pandemi ini, ujar Condro, Keraton Yogyakarta tidak diam. Justru semakin giat menghadirkan konten seputar keraton melalui media sosial dan Youtube Kraton Jogja yang dikelola Tepas Tandha Yekti. 
 
Keraton melalui KHP Nitya Budaya juga tengah menggelar pameran temporer bertemakan Bojakrama: Jamuan Kenegaraan keraton Yogyakarta secara daring dan luring. Pameran telah digelar sejak 2 April 2021 dan akan berakhir pada 30 Juni 2021. 

Sebagai salah satu rangkaian pameran, akan digelar ‘Workshop Jamuan Minum Teh Ala Keraton Yogyakarta’ memperingati Hari Teh Dunia tanggal 21 Mei 2021. 

Pada agenda ini juga akan digelar pentas musik persembahan Abdi Dalem Musikan KHP Kridhomardowo, sebagaimana jamuan kenegaraan keraton zaman dahulu yang diiringi irama Korps Musikan. 

Selama pandemi, produksi konten budaya terus menerus dilakukan dan disiarkan secara daring. 

Beberapa diantaranya adalah Pentas Musikan 6 Jam di Jogja memperingati Serangan Umum 1 Maret, Webinar Peringatan Hari Kartini: Relevansi Emansipasi Kartini Hingga Saat Ini, Uyon-uyon Hadiluhung, dan Pentas Wayang Wong Lakon Pandawa Mahabhiseka. 

"Semuanya disiarkan secara daring dan dapat disaksikan melalui kanal Youtube Kraton Jogja," ujar Condrokirono.
 
Selain bertujuan sebagai sarana edukasi virtual mengenai keraton, konten tersebut diharapkan dapat menjadi referensi kegiatan dan sajian budaya yang dapat dinikmati masyarakat sembari tetap berada di rumah. (Rls/Cak)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment