News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Atraksi Budaya Candi Prambanan Bakal Dikembangkan

Atraksi Budaya Candi Prambanan Bakal Dikembangkan


Sendratari Prambanan (dok.TWC)

WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 
kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko mulai membahas rencana untuk Candi Prambanan agar kawasan itu semakin dapat mendulang kunjungan di masa datang usai pandemi. 

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menuturkan salah satu upaya yang digagas dalam meningkatkan daya tarik wisata di kompleks candi Hindu terbesar Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi itu tak lain menggarap konten yang ada di dalamnya.

“Misalnya meningkatkan atraksi di sana," ujar Hilmar dalam keterangannya usai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta Jumat petang 23 April 2021.

Hilmar mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah meminta Kemendikbud memaksimalkan potensi wisata di kawasan Candi Prambanan. Potensi yang dikembangkan seluruhnya musti tetap berbasis kegiatan kebudayaan.

"Mudah-mudahan tahun ini segera terlaksana," kata dia.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji menuturkan pengembangan potensi wisata di Kawasan Candi Prambanan dapat ditingkatkan dengan menambah varian kesenian tradisional yang ditampilkan.

“Rencana pengembangan jangka pendeknya adalah mengisi kekosongan, terutama di panggung terbuka," katanya.

Aji memberi gambaran, jika  saat ini pertunjukan yang ada di Candi Prambanan itu cenderung atraksi dengan warna yang sarat tradisional, maka peminatnya hanya kalangan tertentu. 

"Yang coba dikembangkan atraksi yang menyasar minat kalangan muda, yang selama ini sudah bolak-balik menikmati pementasan Ramayana atau Rara Jonggrang, " kata dia.

Aji menyampaikan bahwa pada rencana jangka pendek juga akan dilakukan kajian yang dapat memaksimalkan seluruh potensi yang ada di Kawasan Candi Prambanan. 

“Yang utama pengembangan itu melingkupi kawasan Candi Prambanan, Candi Ijo, dan Nglanggeran supaya bisa connecting,” kata dia.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono menambahkan rencana pengembangan Candi Prambanan tak lepas dari ruang lingkup programnya.

“Rencananya pengembangan itu melalui integrated tourism masterplan," kata Edy. Sehingga Candi Prambanan bisa turut menguatkan destinasi sekitarnya. 

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment