News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kemarin, Selama 18 Jam Merapi Lontarkan 21 Kali Lava Pijar, 1 Awan Panas dan Lahar

Kemarin, Selama 18 Jam Merapi Lontarkan 21 Kali Lava Pijar, 1 Awan Panas dan Lahar



Gunung Merapi (ist)


WARTAJOGJA.ID : Gunung Merapi yang berada di wilayah Kabupaten Sleman Yogyakarta terpantau mengeluarkan aktivitas vulkanik cukup intens pada Rabu 17 Maret 2021.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida mencatat dari pantauan mulai pukul 00.00-18.00 WIB, Merapi setidaknya mengeluarkan 21 kali lava pijar dengan rentang jarak 900-1200 meter.

"Pada hari ini juga terjadi satu kali awan panas guguran pukul 14.20 WIB," ujar Hanik Rabu 17 Maret 2021.

Awan panas guguran itu tercatat di seismogram dengan amplitudo 31 milimeter dengan durasi 62 detik. Estimasi jarak luncur awan panas sekitar 700 meter.

Tak hanya guguran lava pijar yang intens dan awan panas, BPPTKG juga mencatat pada sore hari teramati adanya aliran lahar pada Kali Boyong yang berhulu di Gunung Merapi dengan intensitas di bawah sedang sekitar pukul 17.30 WIB.

Sebelum terjadinya aliran lahar itu, petugas BPPTKG mengamati terjadi hujan di puncak Gunung Merapi sejak pukul 16.49 WIB dengan intensitas 30 mm/jam. 
 
"Tingkat aktivitas Gunung Merapi tetap di level III atau Siaga," kata Hanik.

BPPTKG meminta masyarakat tetap mewaspadai potensi ancaman guguran lava dan awan panas khususnya di sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km. 

"Masyarakat juga tetap mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi," katanya. (Sat/Gro)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment