News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Sekitarnya Disapu Hujan Angin dan Petir , BMKG :Kecepatan Angin 45-60 Km/Jam

Yogya Sekitarnya Disapu Hujan Angin dan Petir , BMKG :Kecepatan Angin 45-60 Km/Jam

 

Hujan Angin di Yogya Rabu (3/2/2021) (istimewa) 

WARTAJOGJA.ID: Hujan lebat disertai angin kencang tiba-tiba menyapu kawasan Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul sekitar pukul 17.55-17.56 WIB Rabu 3 Februari 2021.

BMKG Yogyakarta menyatakan dari citra radar, estimasi kecepatan angin tertinggi di wilayah Kulon Progo (Girimulyo, Pengasih, Nanggulan, Kokap) pada Rabu 3 Februari pukul 17.20 WIB dan wilayah Sleman (Minggir, Moyudan, Godean, Gamping) pada pukul 17.40 WIB berkisar antara 45 - 60 km/jam.

Namun bukan sekedar angin kencang yang membuat sebagian warga di area perkotaan itu was-was, melainkan sambaran petir yang dirasa sangat intens dan lokasinya dekat dengan pemukiman mereka.

“Suara petir dar-dor-dar-dor di atas rumah, seperti dekat sekali,” ujar Ridwan, warga Jejeran Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Lain halnya Rio Ardian, warga Wirobrajan Kota Yogyakarta yang saat kejadian sedang perjalanan pulang dari arah Godean, Sidomoyo Sleman. Ia terpaksa menepikan sepeda motornya karena khawatir dengan petir yang menghiasi langit sepanjang perjalanan.

“Petirnya kok seperti deket-deket banget,” ujar pengusaha mie itu.

Sholilul Hadi, warga Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta menambahkan angin kencang petang ini membuang atap seng di rumahnya beterbangan tak karuan.

Sementara di Jalan Brigjend Katamso Pojok Beteng Wetan Kota Yogyakarta, angin kencang dilaporkan merubuhkan pohon dan menghalangi jalan itu.

Pohon tumbang di dekat jokteng wetan jalan Brigjen Katamso Yogya
akibat angin kencang Rabu (3/2) (istimewa)

Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyatakan berdasar pembacaan alat Nexstorm di Stasiun Geofisika Yogyakarta, pada Rabu 3 Februari pukul 17.56 memang terbaca adanya aktivitas petir di atas langit Yogyakarta.  

Saat ini wilayah DIY diprakirakan masuk dalam puncak musim hujan, sehingga kondisi petir seperti ini tergolong normal.

BMKG sendiri telah mengeluarkan himbauan peringatan dini cuaca per Rabu 3 Februari 2021 yang memperingatkan masyarakat agar waspada hujan dan angin kencang juga petir antara pukul 18.25-20.00 WIB.

Adapun wilayah terdampak meliputi lima kabupaten/kota di DIY hampir secara merata. Dari citra radar satelit terakhir pukul 18.30 WIB, disebutkan potensi hujan ringan sampai lebat terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Kulon Progo, Sleman, dan Bantul.

Sedangkan Gunungkidul wilayah yang patut waspada antara lain Kecamatan Wonosari, Purwosari, Panggang, Patuk, Paliyan, Playen, Gedangsari, dan Nglipar.

“Pergerakan awan ke arah timur,” ujarnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment