News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sebanyak 54 Polisi Penyintas Dari Polres Sleman Serentak Donor Plasma Konvalesen

Sebanyak 54 Polisi Penyintas Dari Polres Sleman Serentak Donor Plasma Konvalesen



Para penyintas Polres Sleman menjalani skrining untuk pemeriksaan lanjut apakah darahnya memenuhi syarat sebagai pendonor plasma konvalesen Selasa (9/2) (ist)


WARTAJOGJA.ID: Sebanyak 54 penyintas Covid - 19 atau orang yang berhasil sembuh dari Covid -19 di lingkungan Polres Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap melakukan donor plasma konvalesen.

Sebelum melakukan donor itu, pada Selasa, 9 Februari 2021 para penyintas mulai menjalani skrining untuk pemeriksaan lanjut apakah darahnya memenuhi syarat sebagai pendonor.

“Donor plasma konvalesen ini menjadi gerakan kedua yang dilakukan Polda DI Yogyakarta untuk disalurkan langsung ke rumah sakit rujukan Covid-19 di DIY maupun luar DIY,” ujar Kapolres Sleman Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anton Firmanto.

Anton menuturkan 54 penyintas merupakan personil Polres Sleman yang sebelumnya pernah terpapar Covid-19 sepanjang wabah itu merebak di Yogyakarta.

“Donor darah plasma konvalesen sangat diharapkan dan bisa menjadi sebuah harapan bagi pasien covid-19 agar bisa segera sembuh,” kata Anton.

Donor plasma konvalesen sendiri diyakini sebagai peningkatan imun anti body yang lebih cepat membantu untuk pasien terpapar covid-19.

Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda DIY Komisaris Besar Polisi Yohanes Ragil Heru Susetyo selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Polda DIY mengatakan pihaknya berupaya mengajak para personil di lingkungan Polda DIY yang pernah terpapar menjadi penyintas untuk tidak takut donor plasma konvalesen.

Menurutnya, donor plasma konvalesen hanya bisa diambil 500 ml jika penyintas dalam kondisi sehat saja.

“Jadi kami minta personil tidak usah takut karena tidak ada dampak atau efek samping,” kata dia.

Yohanes mengatakan bagi personil Polres Sleman yang telah bersedia mendonorkan plasmanya juga menjadi salah satu penilaian dalam Sistem Manajemen Kinerja atau SMK yang akan diberi penghargaan khusus oleh Polda DIY.

Kepala Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Teguh Triyono menuturkan plasma yang diambil dari penyitas Covid-19 merupakan plasma yang akan memberikan kekebalan.

“Termasuk memberikan kekebalan kepada orang yang belum sembuh,”kata dia.

Pemberian donor plasma konvalesen ini, ujar Teguh, untuk merangsang pembentukan anti bodi tubuh agar segera sembuh dari Covid-19.

“Donor plasma konvalesen saat ini menjadi solusi terbaik untuk menyembuhkan kasus karena sampai sekarang belum ada obat yang diyakini dapat mengobati Covid-19,” kata dia.

Bagi yang sudah sembuh, lalu menjadi penyintas, kata Teguh, otomatis sudah memiliki anti bodi dan bila didonorkan tidak akan mengurangi anti bodi dalam dirinya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment