News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bantu Pelaku Usaha dan UMKM Terdampak Covid-19, Dosen UAD Beri Pelatihan Pemasaran Online

Bantu Pelaku Usaha dan UMKM Terdampak Covid-19, Dosen UAD Beri Pelatihan Pemasaran Online


Program PKM UAD oleh Dosen Prodi Teknik Informatika Bambang Robi’in, S.T., M.T., membantu para pelaku usaha dan UMKM dengan program pelatihan pemasaran online melalui media sosial dan marketplace di Padukuhan Cabean, Garon, dan Ngireng-ireng Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul.

WARTAJOGJA.ID : Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dimasa pandemi Covid-19 ini lebih difokuskan untuk membantu masyarakat dalam berbagai persoalan yang dihadapi akibat adanya virus corona. 

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Prodi Teknik Informatika UAD Bambang Robi’in, S.T., M.T., adalah membantu para pelaku usaha dan UMKM. Dia mengusung program pelatihan pemasaran online melalui media sosial dan marketplace untuk pelaku usaha dan UMKM di Padukuhan Cabean, Garon, dan Ngireng-ireng Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, kemarin (9 dan 20/2/2021).  

Kegiatan ini dilaksanakan secara blended learning, yaitu sebagian secara online (daring) dan sebagian secara tatap muka atau (luring) dengan memperhatikan standar protokol kesehatan. 

Bambang Robi’in menuturkan bahwa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak menurunnya pendapatan masyarakat terutama pelaku usaha dan UMKM karena adanya pembatasan aktifitas sosial yang berlaku.

"Namun disisi lain, terdapat juga pelaku usaha yang tetap dapat bertahan dan tidak mengalami penurunan secara signifikan, bahkan pendapatannya malah cenderung meningkat. Yaitu mereka yang menjalankan usahanya dengan menerapkan strategi pemasaran online, baik melalui media sosial maupun marketplace," ujar Bambang Robi'in, kemarin (22/2/2021).

Menurut Bambang Robi'in, masyarakat khususnya pelaku usaha dan UMKM di tiga padukuhan tersebut sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Tercatat, lebih dari 50 orang telah mengikuti kegiatan pelatihan ini. 

Untuk memastikan kegiatan ini berhasil hingga para pelaku usaha dan UMKM dapat menerapkan ilmunya dalam melakukan pemasaran online, Bambang Robi’in melibatkan beberapa mahasiswa UAD untuk melakukan pendampingan selama 1 minggu.

Kegiatan pendampingan ini, dilakukan untuk membantu secara teknis dalam melakukan pemasaran secara online baik pada media sosial seperti facebook dan Instagram, maupun pada marketplace seperti shopee, lazada, dan tokopedia.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha dan UMKM untuk segera bangkit dalam melakukan recovery dampak pandemi Covid-19 ini. Mudah-mudahan para pelaku usaha dan UMKM di Padukuhan Cabean, Garon, dan Ngireng-ngireng dapat terbantu, dan dapat mengingkatkan usaha melalui pemasaran online ini,” ungkap Bambang Robi’in. (Subiyantoro)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment