News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siap-Siap, Vaksinasi Massal Tahap Kedua Di Yogya Mulai 1 Maret

Siap-Siap, Vaksinasi Massal Tahap Kedua Di Yogya Mulai 1 Maret




WARTAJOGJA.ID: Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membahas vaksinasi Covid-19 bagi kelompok tahapan kedua yang akan dilakukan secara massal mulai Senin 1 Maret 2021 nanti.

Dari hasil pertemuan itu, Pemerintah DIY menyiapkan tiga tempat untuk vaksinasi massal yakni Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali. Semua titik lokasi vaksinasi massal tahap kedua masuk ke dalam wilayah Kota Yogyakarta.

"Rencananya untuk Yogya, per 1 Maret mendatang akan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Beringharjo," ujar Budi di sela pertemuan dengan Sultan.

Budi merinci dalam vaksinasi tahap kedua di Yogya, tercatat sebanyak 19.897 jiwa menjadi target yang akan divaksin. Jumlah tersebut terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro.

Budi menuturkan pedagang pasar selama ini menjadi pihak yang cukup rentan terpapar Covid-19 mengingat sering berinteraksi dengan banyak orang. 

"Pedagang pasar kan ketemu dengan langganannya, ketemu banyak orang, oleh karena itu kita vaksinasi dulu  mereka,” kata Budi.

Budi mengatakan program vaksinasi Covid-19 di DIY untuk tahapan pertama yang menyasar tenaga kesehatan sebanyak 33 ribu telah selesai dilaksanakan.

“Tenaga kesehatan di DIY hampir semuanya sudah divaksinasi. Meski masih ada beberapa yang perlu diberikan vaksin tambahan, itu sudah didata dan akan dilakukan segera," kata dia.

Selain itu, vaksinasi untuk lansia DIY yang berjumlah sekitar 15% akan diprioritaskan. Jumlah lansia di DIY diketahui hampir 600 ribu jiwa.

Adapun Sultan HB X menuturkan pemberian vaksin untuk pedagang di Pasar Beringharjo sendiri dilakukan secara menyeluruh. 

“Vaksinasi akan diberikan kepada seluruh pedagang pasar tanpa terkecuali, termasuk pedagang keliling, pedagang los, buruh, pedagang kaki lima, semuanya,” kata Sultan.

Sultan menambahkan pelaksanaan vaksinasi untuk pedagang pasar ini akan digelar kurang lebih sekitar empat hingga lima hari.

Sultan juga mengatakan jika data dan jumlah penerima vaksinasi massal sudah ada dan berada dibawah koordinasi pemerintah Kota Yogyakarta.

Sesuai kriteria Kementerian Kesehatan RI, kelompok tahapan kedua penerima vaksinasi COVID-19 selain lansia dan pedagang pasar adalah petugas pelayanan publik seperti tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi, atlet, wartawan, dan pekerja sektor pariwisata. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment