News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hadir di Muswil PAN DIY, Sultan HB X Ajak PAN Turut Sengkuyung Hamêmayu-Hayuning Bawânâ

Hadir di Muswil PAN DIY, Sultan HB X Ajak PAN Turut Sengkuyung Hamêmayu-Hayuning Bawânâ

 Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) V Partai Amanat Nasional (PAN)


 WARTAJOGJA.ID : Keragaman bukanlah sebuah permasalahan, namun menjadi penyangga masyarakat untuk bersatu membangun eratnya jalinan persaudaraan umat beragama, yang diikat oleh semangat kebangsaan dan rasa kemanusiaan.

Demikian inti pesan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) V Partai Amanat Nasional (PAN), di Grand Inna Hotel, Malioboro, Rabu (30/12) pagi. Agenda tersebut dihadiri oleh Wasekjen PAN Ahmad Johan, Ketua DPP PAN Sigit Purnomo Said, Ketua POK DPP PAN DIY Mumtaz Rais, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Bupati Kulon Progo Sutedjo, Bupati Bantul Terpilih Abdul Halim Muslih, dan kader-kader PAN. Sementara, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengikuti agenda tersebut secara daring.

Sri Sultan mengatakan bahwa PAN harus dapat kembali merujuk ke khittah-nya yakni Akhlak Politik Berlandaskan Agama yang Membawa Rahmat bagi Sekalian Alam Semesta. “Hal ini sejalan dengan filosofi Keistimewaan DIY “Hamêmayu-Hayuning Bawânâ”, yang membawa amanah harmoni hubungan antarmanusia dan antara manusia dengan alam, serta berpasrah diri, manêmbah ke haribaan Sang Khalik Yang Maha Pencipta,” tukas Sri Sultan.

Sultan menegaskan bahwa PAN harus dapat membuka ruang bagi kaum muda sebagai konsekuensi era digitalisasi untuk wahana rekrutmen politik. "Mereka berpotensi menjauhkan masyarakat agar tidak gampang terkena virus hoaks dan tipudaya medsos lainnya," ujar Sri Sultan.

Sri Sultan berharap, PAN dapat mewujudkan misinya sebagai partai modern terdepan dalam mewadahi partisipasi serta pengatur konflik dan sarana kontrol politik, baik secara internal partai, maupun eksternal, kontribusinya pada penyelenggaraan pemerintahan yang kuat, stabil dan efektif. “Memang tak terelakkan, semuanya itu harus dimulai melalui komunikasi dan negosiasi politik yang bermartabat berbasis data,” jelas Sri Sultan. Seusai sambutan Gubernur DIY, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, secara daring, membuka agenda Muswil PAN tersebut.

Seusai dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan rapat pleno PAN dan musyawarah. Agenda utama musyawarah ini adalah menentukan kepemimpinan DPW PAN DIY periode 2020-2025. Di samping itu, musyawarah juga akan merumuskan program-program kerja yang baru untuk waktu yang akan datang, termasuk melakukan penyesuaian terkait adanya pandemi COVID-19.

Ketua DPP PAN Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK), Mumtaz Rais mengatakan melalui Muswil ini PAN ingin menegaskan diri menjadi partai yang kian membumi dan mensejahterakan rakyat.

“Kami merangkul semua pihak termasuk Keraton Yogyakarta dan pemerintah untuk bersama-sama mensejahterakan rakyat,” ujarnya.

Plt Ketua DPW PAN DIY, Ahmad Yohan mengatakan, Muswil ini mengundang sejumlah tokoh termasuk Sultan HB X selaku Raja Keraton dan Gubernur DIY karena beliau adalah tokoh bangsa yang selama ini menjadi panutan masyarakat.

“Dalam hal keistimewaan DIY, PAN tetap akan turut mengawal dan bersinergi dengan pemerintah DIY, demi kemajuan masyarakat dan Yogyakarta, kami akan menjadi mitra kritis,” ujarnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment