News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PAW Hanafi Rais Rampung, Mumtaz Rais : Yuni Astuti Penggantinya

PAW Hanafi Rais Rampung, Mumtaz Rais : Yuni Astuti Penggantinya

Mumtaz Rais


WARTAJOGJA.ID:  Drama panjang mundurnya Ahmad Hanafi Rais dari DPR RI melalui secarik kertas yang ditandatanganinya di atas materai pada 5 Mei 2020 lalu akhirnya menemukan klimaksnya.

Mundurnya putra sulung politikus senior Amien Rais itu membuat PAN DIY cukup lama tak memiliki wakil di DPR RI. Namun semua kegamanangan itu akhirnya terjawab.  

Dalam pelaksanaan Muswil PAN DIY ke 5 di Hotel Inna Garuda Yogya Rabu 30 Desember 2020, DPP Partai Amanat Nasional (PAN) secara tegas mengumumkan bahwa target pada Januari 2021 nanti proses Pergantian Antarwaktu (PAW) Hanafi Rais yang mundur dari DPR itu sudah diproses. 

"Proses PAW Hanafi Rais sudah diproses. Yuni Astuti selaku caleg yang mendapatkan suara terbanyak nomor dua Dapil DIY dalam Pileg 2019 lalu yang akan menggantikan posisinya di DPR RI selambat-lambatnya Januari 2021," kata Ketua DPP PAN Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK), Mumtaz Rais.

Mumtaz menegaskan DPP PAN akan memproses secepatnya PAW itu agar tak terus molor dan membuat konstituen DIY yang seharusnya terwakili di DPR jadi tak punya wakil. 

"Secapatnya kita proses, setelah libur Tahun Baru ini. Karena Kantor DPR juga baru buka Januari 2021 nanti ,” katanya.  

Mumtaz mengatakan, sosok yang menggantikan Hanari Rais di DPR RI yakni Yuni Astuti yang merupakan pemilik suara terbanyak nomor dua. “Tadi sudah kami umumkan (di Muswil ke-5 DPW PAN DIY). Insyaallah yang akan mengganti posisi Mas Hanafi Rais yaitu adalah suara terbanyak kedua dari Dapil DIY yaitu bu Yuni Astuti,” katanya. 

Plt Ketua DPW PAN DIY, Ahmad Yohan mengatakan, pihaknya berharap supaya proses PAW sudah bisa dilaksanakan pada Januari 2021. Menurutnya sebagai kewajiban dari partai politik, posisi jabatan tidak mungkin dikosongkan. 

“Setahu saya mas Hanafi secara tegas menyatakan mengundurkan diri dari PAN dan DPR. Sehingga kewajiban partai politik adalah tidak mungkin jabatannya kosong (di DPR RI). Karena mempertanggunghawabkan kepada kosntituen yang telah memilih mempercayakan PAN satu kursi di DIY. Sehingga kami harap ini segara diproses PAW,” katanya. 

Ia mengatakan, surat dari DPP PAN akan dikirim ke DPR RI pada Januari 2021. “Sebentar lagi surat dari DPP dikirim ke DPR. Ini salah satu pertanggungjawaban kami dipilih oleh rakyat. Amanah ini tentu harus ditunaikan demi kepentingan rakyat,” ucapnya. (Cak/Rls) 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment