News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bendungan Kamijoro Jadi Pensuplai Air Bersih Bandara YIA dan Kawasan Industri Pesisir Yogya

Bendungan Kamijoro Jadi Pensuplai Air Bersih Bandara YIA dan Kawasan Industri Pesisir Yogya

 

Bendungan Kamijoro Yogyakarta


WARTAJOGJA.ID : Bendungan Kamijoro Yogyakarta difokuskan pemanfaatannya untuk mendukung sarana utilitas air bersih sejumlah infrastruktur startegis di Yogyakarta khususnya bagian pesisir selatan.

Pengelolaan air bersih dari Bendungan Kamijoro itu akan dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtatama Yogyakarta. Untuk mendukung suplai air bersih ke Bandara Internasional Yogyakarta, Kawasan Industri Sentul, pengolahan pasir besi, Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulon Progo.

Tak hanya itu, dari air bersih dari bendungan Kamijoro itu akan dimanfaatkan untuk keperluan domestik penduduk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024.

“Bendungan Kamijoro yang diolah PDAM Tirtatama tidak boleh dioperasionalkan hanya untuk kepentingan komersial namun juga tujuan sosial dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih konsumsi,” ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X 24 November 2020.

Bendungan Kamijoro sendiri berkapasitas sekitar 3000 liter per detik ini berada di dua wilayah kabupaten yang kebetulan berada di wilayah dua Kabupaten yaitu Bantul dan Kulon Progo.

Sebanyak 2,3 meter kubik/detik ai bendungan itu sejauh ini dimanfaatkan untuk pengairan sawah petani. Pemanfaatan air bersih dari Kamijoro juga dibagi untuk Kulonprogo sebesar 300 liter per detik, dan Bantul 200 liter per detik.

“Kami meminta Tirtatama mampu mengambil peran dalam pengoptimalan potensi Kamijoro,” kata Sultan.

Sultan pun meminta perusahaan daerah itu dalam mengelola air bersih Bendungan Kamijoro, memahami masalah-masalah sosial kemasyarakatan sebagai misi untuk memenuhi pelayanan akan kebutuhan dasar air bagi masyarakat dan harus memberikan kontribusi tinggi pada pendapatan asli daerah. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment