News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Bantul Menang Gugatan Dana Hibah Persiba, ‘Geplak’ Bantul Serukan 4 Hal

Pemkab Bantul Menang Gugatan Dana Hibah Persiba, ‘Geplak’ Bantul Serukan 4 Hal

 


WARTAJOGJA.ID: Elemen masyarakat Gerakan Peduli Amanat Rakyat (GEPLAK) Bantul berjanji akan mengawal penggunaan dana hibah senilai Rp11,6 miliar yang ada di kas daerah. Siapapun yang nanti menjadi Bupati, penggunaan dana itu harus bermanfaat bagi warga Bantul.

Komitmen mengawal penggunaan dana ini ditandai dengan gelaran doa bersama dan menendang bola ke laut di Pantai Parangkusumo, Kamis (22/10) siang.

Koordinator Geplak Bantul, Sigit Priyono Harsito Putro menjelaskan doa bersama ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemda untuk lebih berpihak pada rakyat.

"Kemenangan di PN atas dana hibah Persiba itu adalah kemenangan rakyat Bantul," kata Sigit.

Karena sudah menjadi uang rakyat, Geplak selanjutnya akan mendorong siapapun yang menjadi Bupati nanti untuk memanfaatkan untuk pembangunan fasilitas dan program kesejahteraan rakyat.

Kemenangan ini dianggap sebagai langkah pemerintah menjalankanasas akuntabilitas dalam pemerintahan di UU 28 th 1999 tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas Korupsi Kolusi Nepotisme.

"Kenapa kami memilih menendang bola. Ini sebagai simbol kedepan korupsi di bidang olahraga tidak terjadi lagi dan koruptur yang terlibat dihukum," ucapnya.

Rino Caroko, Sekretaris Masyarakat Transparansi Bantul (MTB) menyatakan pelaksaan doa ini murni dilakukan masyarakat yang peduli Bantul.

"Ini murni anspirasi rakyat. Aksi ini bukan melawan pengugat atau tidak cinta Persiba. Tapi ini sebagai pengingat bahwa uang rakyat wajibnya kembali ke rakyat," ucapnya.

Aksi ini menurut Rino tidak terafiliasi atau ditumpangi oleh salah satu pasangan calon yang berlaga di Pilkada Desember nanti.

"Kita akan kawal penuh, mengingatkan ini segera dituntaskan agar uang bisa digunakan dan tidak menjadi Silpa. Kita menginginkan pengadilan menuntaskan kasus ini agar bisa digunakan," ucapnya.

Terkait dengan banding, Rino mengatakan rakyat bersama Gemplak terus akan mengawal sampai adanya keputusan tetap pengadilan.

Terkait kemenangan pemda bantul atas gugatan dana hibah persiba senilai 11,6 Milyar di PN Bantul itu, komunitas GEPLAK Bantul menyuarakan 4 seruan sebagai berikut:\ yang dapat dirangkum sebagai berikut: 

1. Bahwa kemenangan pemda Bantul merupakan kemenangan rakyat bantul secara keseluruhan sehingga nantinya GEPLAK bantul akan mendorong siapapun yg akan menjadi pimpinan Bantul selanjutnya untuk menggunakan uang 11,6 milyar untuk dipergunakan pembangunan fasilitas publik untuk dinikmati rakyat bantul.

2. Kemenangan ini juga sebagai bentuk keseriusan pemerintah Bantul dalam menjalankan

Asas akuntabilitas dlm pemerintahan di UU 28 th 1999 tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas Korupsi Kolusi Nepotisme,  inti asas akuntabilitas setiap kegiatan dan langkah pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan kepada Rakyat Pemegang kedaulatan.

3. Menjaga dan menyelamatkan uang Rakyat Bantul kembali ke Rakyat Bantul merupakan bagian dr melaksanakan asas akuntabilitas tsb

4. GEPLAK Bantul akan mengawal, mengapresiasi dan mendukung penuh pada pemimpin Kabupaten Bantul selanjutnya yg menjaga, mempertahankan dan selanjutnya memanfaatkan dana 11,6 M tersebut semata -mata hanya kembali ke Rakyat Bantul, terutama utk pembangunan dan kesejahteraan Rakyat Bantul bukan kelompok maupaun golongan tertentu.

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment