News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Alasan PSS Sleman Tetap Gencarkan Latihan Di Tengah Ketidakjelasan Liga

Alasan PSS Sleman Tetap Gencarkan Latihan Di Tengah Ketidakjelasan Liga

  


WARTAJOGJA.ID  : Penundaan lanjutan Liga 1 2020 tak membuat PSS Sleman lantas serta merta menghentikan program latihannya.

Anak asuh Dejan Antonic itu memilih terus berlatih dengan memodifikasi materi di sana sini walau kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 belum pasti. PSS sendiri tetap mendorong segera ada kejelasan nasib kompetisi setelah diputuskan diundur dari jadwal 1 Oktober 2020 akibat pandemi Covid-19.

“Kami tetap punya harapan kompetisi berjalan dulu sembari menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar Wakil Manajer PSS Sleman M. Eksan kepada awak media Selasa 6 Oktober 2020.

Eksan sendiri memiliki gambaran kompetisi di tanah air bisa berlanjut seperti yang sudah terjadi di Eropa. Di mana ketika ada pemain yang dinyatakan positif Covid-19 maka bisa dilakukan isolasi namun liga tetap berjalan.

Selain itu, ujar dia, kompetisi di Indonesia juga perlu berlanjut dengan mempertimbangkan kepentingan tim nasional atau timnas. Sebab, bila tidak ada kompetisi maka dikhawatirkan kediapan bertanding para pemain juga terganggu dan dampaknya mempengaruhi kualitas skuat timnas.

“Klub-klub sudah mempersiapkan diri untuk kompetisi ini, jadi mudah-mudahan segera ada kejelasan,” ujarnya.

Dengan penundaan kembali Liga 1 juga Liga 2 itu, PSS Sleman sendiri memodifikasi program latihannya yang sedianya sudah dipersiapkan untuk membuka partai perdana di Stadion Maguwoharjo melawan Persik Kediri pada 1 Oktober 2020 lalu. Namun laga akhirnya ditunda lagi.

Dengan penundaan kembali liga itu, PSS sampai sekarang belum mengambil keputusan untuk meliburkan pemain seperti yang sudah dilakukan sejumlah tim lain Liga 1. Dengan alasan agar skuad yang mulai kembali normal latihannya itu sudah benar benar siap ketika operator mengumumkan kompetisi berlanjut lagi.

“Kami memang belum meliburkan pemain agar tim siap saat sewaktu-waktu liga dinyatakan dimulai. Kami tetap menunggu kejelasan kompetisi itu dan berharap ada kepastian,” ujar Eksan.

Dalam persiapan laga lanjutan Liga 1 2020, PSS Sleman sudah menyiapkan segala aspek pendukung protokol kesehatan khususnya untuk para pemain. Klub juga melakukan antisipasi dengan menyiapkan tempat khusus untuk isolasi mandiri jika ada yang terpapar atau bergejala Covid-19.

Dokter tim PSS Sleman, Elwizan Aminuddin menuturkan PSS Sleman pun tidak hanya sekedar menyediakan tempat khusus untuk isolasi mandiri itu.

Namun dari rumah khusus itu, pemain tetap bisa mendapatkan ruang gerak agar bisa tetap berolahraga ringan tanpa harus berkumpul dengan pemain lain.

"Walaupun sudah disediakan tempat khusus isolasi itu, kami tetap berharap tidak ada yang sampai terpapar Covid-19 agar rumah khusus itu tak perlu dipakai," katanya.

PSS Sleman di sela menggelar latihan rutin juga menjalani program agar terhindar dari risiko cedera. Misalnya dengan tindakan krioterapi yang salah satunya menerapkan metode berendam dalam air dingin dengan tingkat kedinginannya kurang lebih 10 atau 5 derajat celcius. Selain itu untuk pemain juga diberikan terapi pada bagian otot agar ketika mereka kelelahan bisa cepat pulih. (Cak/Rls) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment