News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tega! Nenek Pencari Rumput Menangis Tersedu Sepeda Tuanya Dimaling

Tega! Nenek Pencari Rumput Menangis Tersedu Sepeda Tuanya Dimaling


Nenek pencari rumput menangis sepeda tuanya dicuri saat sedang cari pakan (dok tangkapan layar Facebook @Viky Febrian)

WARTAJOGJA.ID : Benar-benar kebangetan. Meski saat ini hidup sedang serba sulit, bukan lantas jadi pembenaran untuk melakukan kejahatan.

Lebih-lebih, korban kejahatan itu adalah orang yang seharusnya layak mendapat pertolongan di masa sulit ini.

Seperti kisah sedih baru baru ini yang dibagikan seorang warganet tentang kasus pencurian yang dialami oleh seorang nenek pencari rumput di Bantul.

Kisah ini menjadi viral di linimasa dan dibagikan oleh ratusan pengguna akun facebook. Nenek tersebut diketahui dipanggil Mbah Gondes yang merupakan warga Pleret, Bantul.

Pemilik akun facebook Viky Febrian pada Kamis (13/8/2020) mengisahkan Mbah Gondes tiba tiba ditemuinya tengah menangis saat sedang mencari rumput dekat rumahnya.

Setelah diselidiki ternyata ia baru saja kehilangan sepeda tuanya padahal baru sesaat ditinggal mencari pakan.

Dalam unggahannya Viky Febrian mengatakan seperti ini :

'Kok yo ra due ati tenan to yo pit jowo lawas wae di maling!!!!! Opo karena lagi musim sepeda terus nyuri sepeda orang tua yg buat kerja...

Simbahe niku cuma punya sapi satu itupun ngewarat punya orang lo bukan sapi simbah nya..
Beliau ngarit dr rumahnya sampai tempat ngarit dekete rumah saya 45 menit lo..kok ya tega" ne sepedanya di curi..Ra due utek tenan kok yo kwe mas seng maling pit e sinbahe'

(Kok tidak punya hati sekali ya, sepeda tua saja dicuri !! Apa karena lagi musim sepeda terus mencuri sepeda tua yang buat kerja. Nenek ini cuma punya satu sapi itu pun merawat milik orang lain. Beliau mencari rumput melakukan perjalanan 45 menit dari rumah, tega-teganya sepedanya dicuri. Ngga punya otak benar kamu yang sudah mencuri sepeda, Mas)

"KALAU ADA ORANG DI GROUP INI YANG TADI NYURI SEPEDA SIMBAHE DI JALAN IMOGIRI TIMUR TLNG Di KEMBALIKAN..KASIHAN MAS!!!! " kata Viky Febrian lagi dalam unggahannya.

Postingan tersebut diunggah oleh akun @Viky Febrian di Grup Facebook Jual Beli Sepeda Bekas Jogja atau JBSBJ.

Postingan tersebut mendapat respons luar biasa dari warganet. Dalam sehari mendapat 6.151 tanggapan, 725 komentar dan dibagikan sebanyak 961 kali.

Beberapa warganet di antaranya berinisiatif untuk berdonasi untuk membelikan sepeda untuk nenek tersebut.

Selain menuliskan kisah, dalam unggahan itu disertakan dua gambar nenek tersebut sedang duduk dalam kondisi sedih dan foto sebuah mobil city car yang digunakan untuk mengangkut rumput milik nenek yang akan dibawa pulang.

Pengunggah informasi yang diketahui bernama Viku Febrianto itu mengatakan peristiwa itu terjadi di Jalan Imogiri Timur, Bantul.

Sedangkan nenek yang kehilangan sepeda tersebut warga Pleret Bantul.

Viky dalam unggahannya menyebut 

"kronologi dr cerita simbahe yg namanya saya tidak sempet tanya
Tadi simbahe ngarit di samping rumah saya sekitar jam 14.30 dan di situ ada laki" lagi main hp..ngasih tau kalau di daerah utara masih banyak rumput bagus" dan akhirnya simbahnya pindah ke utara. sepeda dan habis ngarit ditinggal di samping rumah saya..karena perasaan simbahe gak enak dan takut sama anjing akhirnya simbahe cuma ngarit sedikit trs balik, saat balik sepedanya udah gak ada.."

Banyak warganet mengecam orang yang tega mencuri. Juga banyak netizen yang merasa iba dengan si ibu yang menjadi korban. "Kok yo tegel-tegele tho. Atine neng ndi sing nyolong kuwi (Kok tega-tega ya. Hatinya di mana yang mencuri itu)," kata akun @Heriato di kolom komentar.



Mbah Gondes yang sepeda tuanya dicuri saat sedang mencari rumput (dok tangkapan layar Facebook @Viky Febrian)

Di sisi lain, postingan Viky Febrian ini mendapat empati dari warganet. Mereka dengan suka rela membantu, mengumpulkan iuran untuk mbah Gondes yang kehilangan sepeda bututnya.

Viky Febrian kemudian memposting kebaikan hati dan kedermawanan warganet di grup yang sama, JBSBJ. Berikut narasi tulisan beserta sejumlah foto.

"Menindak lanjuti postingan saya kemarin
Terima kasih saya ucapkan kepeda rekan" yang sudah sangat membantu simbah gondes( nama panggilannya) yang beralamat di didesa srumbung rt 4 segoroyoso..Ini saya laporkan donasi yang sudah terkumpul dan kita belikan sembako, kambing satu pasang dan ada donasi sepeda.Semoga kebaikan hati tmn" semua mendapatkan balasan yang setimpal.."


Bantuan berupa sepeda, kambing, dan lain lain mengalir dari warganet untuk Mbah Gondes yang sepeda tuanya dicuri saat sedang mencari rumput (dok: tangkapan layar Facebook @Viky Febrian)


Postingan ini juga mendapat banyak tanggapan dan komentar. Sebagian besar mengajak untuk saling peduli dan membantu agar Jogja tetap istimewa. "Jogjaku istimewah...Ayo semangat le nggawe kebecikan lurr.. (Jogja Istimewa.. Ayo semangat berbuat kebaikan)," tulis Adhi Istanto di kolom komentar.

(****)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment