News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siap-Siap, September Desa Wisata di Sleman Beroperasi Lagi

Siap-Siap, September Desa Wisata di Sleman Beroperasi Lagi



WARTAJOGJA.ID : Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sejumlah objek wisata sudah mulai beroperasi. Termasuk beberapa desa wisata juga sudah menerima kunjungan para tamu. Hanya saja saat ini pengelola desa wisata mengurangi tamu dalam jumlah banyak dan fokus pada tamu dari kalangan keluarga.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih menjelaskan, dari 50 desa wisata dengan berbagai kategori, hanya ada satu desa yang sudah mulai menerima tamu yakni Desa Wisata Pentingsari karena menerima tamu dari Kementerian. Pengelola desa wisata belum berani membuka layanan, karena desa wisata berada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga risiko penularan bisa saja terjadi



“Hanya saja nanti setelah benar-benar dibuka pada September 2020, kegiatan outbond masih dihentikan dan lebih menekankan pada wisata bagi keluarga. Sebanyak 50 desa wisata dengan kategori mandiri, berkembang, tumbuh dan rintisan itu rencananya serentak buka pada September mendatang,” ungkap Sudarningsih, Rabu (26/8/2020).

Saat kembali beroperasi, pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari memiliki wastafel, pengunjung wajib pakai masker, diukur suhu tubuh. Selain itu, ada ruang isolasi bagi pengunjung dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius. Desa wisata agar memiliki MoU dengan faskes terdekat. Sehingga jika ada pengunjung memiliki gejala Covid-19, bisa langsung dibawa ke faskes tersebut.

Pengelola Desa Wisata Pentingsari, Doto Yogantoro menambahkan, masih ada pengelola desa wisata yang khawatir menerima wisatawan. Pengelola harus siap membuka wisata di masa adaptasi kebiasaan baru karena sudah ada banyak warga, yang menanyakan.

“Sebelum menerima wisatawan, kami menyiapkan dulu protokol kesehatan di desa wisata. Kemudian mengajukan permohonan ke dinas, dan verifikasi lapangan. Tahap selanjutnya adalah pembukaan terbatas dan evaluasi,” beber Doto. (Dho/Win)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment