News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

YDBA Serahkan Peralatan Kantor Bagi Himpunan Bengkel Binaan di Yogyakarta

YDBA Serahkan Peralatan Kantor Bagi Himpunan Bengkel Binaan di Yogyakarta

 

YDBA Serahkan Peralatan Kantor Bagi Himpunan Bengkel Binaan di Yogyakarta Kamis (27/8)

WARTAJOGJA.ID :  Semangat Berbagi menjadi hal penting untuk UMKM melangkah maju bersama. Semangat itulah yang berusaha Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) lakukan bagi UMKM binaanya.

Hari ini, 27 Agustus 2020 melalui “Semangat Berbagi Wujudkan Harapan”, YDBA berusaha memenuhi kebutuhan UMKM Bengkel yang tergabung dalam Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA) Yogyakarta.

Dimana komunitas ini telah menunjukkan progres baiknya dengan membentuk Unit Usaha Bersama (UUB) Mitra Sejahtera sebagai unit bisnis dari komunitas ini.

Untuk memenuhi kebutuhan dan mendukung kegiatan operasional UUB tersebut, YDBA memberikan peralatan kantor dengan harapan terciptanya produktivitas bisnis dan kemandiriannya. UUB sendiri didirikan untuk memudahkan para anggota HBBA dalam mendapatkan sparepart dengan kualitas terjamin dan harga bersaing.

YDBA Serahkan Peralatan Kantor Bagi Himpunan Bengkel Binaan di Yogyakarta Kamis (27/8)

Penyerahan peralatan kantor secara simbolis diberikan YDBA diwakili oleh Departemen Training & Mentoring YDBA, Aloysius Daniel Harbianto kepada Ketua HBBA Yogyakarta, Suwardi di Kantor UUB Mitra Sejahtera, Yogyakarta.

Hadir secara virtual dalam penyerahan ini, yaitu Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala, Sekretaris Pengurus YDBA Ida R. M. Sigalingging dan Bendahara Pengurus YDBA Handoko Pranoto. Semangat berbagi juga YDBA tularkan kepada UMKM Binaannya, termasuk UMKM Bengkel di Yogyakarta dengan menjadi mentor bagi UMKM bengkel lainnya.

Pengalaman semangat berbagi UMKM ini di-sharing-kan langsung oleh Humas HBBA Yogyakarta dari Bengkel Madina Service, Khozinatul Asrorsidiq.

Dalam sharing ini Khozin menyampaikan bagaimana para UMKM Bengkel, khususnya UMKM pilot berbagi wawasan dengan menjadi mentor bagi UMKM Bengkel di wilayah Jawa Tengah dengan tujuan dapat menjadi bengkel yang memiliki pelayanan berstandar.

Di akhir acara, Sigit menyampaikan harapannya kepada UMKM Binaan YDBA khususnya di Yogyakarta. Sesuai dengan tagline YDBA “Semangat Berbagi Wujudkan Harapan”, Sigit berharap UMKM Bengkel di Yogyakarta dapat terus berbagi wawasan maupun kompetensi nya kepada UMKM lain untuk dapat maju bersama.

Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala
Sigit juga berharap komunitas ini dapat semakin guyub dan selalu memberikan pelayanan terbaiknya kepada customer. HBBA sendiri merupakan komunitas UMKM bengkel yang didirikan YDBA sejak tahun 2006.

Saat ini, komunitas yang dibentuk untuk memandirikan UMKM bengkel ini telah ada di beberapa area, salah satunya di Yogyakarta yang didirikan YDBA bersama Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) YDBA di Yogyakarta pada tahun 2016. Saat ini, HBBA Yogyakarta memiliki anggota sebanyak 42 bengkel yang tersebar di wilayah Jawa Tengah.\

YDBA merupakan yayasan yang didirikan oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya pada 1980 dengan filosofi ‘Berikan Kail Bukan Ikan’. YDBA didirikan sebagai komitmen Astra untuk berperan serta aktif dalam membangun bangsa, seperti yang diamanatkan dalam butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

YDBA menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada pembinaan UMKM yang meliputi UMKM manufaktur, baik terkait value chain bisnis Astra, maupun yang tidak terkait, bengkel umum roda empat dan roda dua, pengrajin dan petani. Berlandaskan Operating Values-nya, yaitu Compassionate, Adaptive, Responsible dan Excellent, YDBA memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk naik kelas dan mencapai kemandiriannya.

Pelatihan akan lebih efektif, jika dilengkapi pendampingan di lapangan melalui 13 cabang YDBA yang disebut dengan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB), berlokasi di Mataram, Nusa Tenggara Barat; Sidoarjo, Jawa Timur; Yogyakarta, DIY; Klaten, Jawa Tengah; Solo, Jawa Tengah; Tegal, Jawa Tengah; Tarikolot Citeureup Bogor; Sangatta, Kalimantan Timur; Bontang, Kalimantan Timur; Paser, Kalimantan Timur; Tapin, Kalimantan Selatan dan Tabalong, Kalimantan Selatan.

Hingga Desember 2019, YDBA telah memberikan pembinaan kepada 11.332 UMKM. Dimana 899 merupakan UMKM di bidang Manufaktur, 1.914 di bidang Bengkel Roda-2 dan Roda-4, 3.134 di bidang Kerajinan, 1.130 di bidang pertanian dan sekitar 4000an UMKM binaan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang telah kami serahkan ke stakeholder / partner dalam program pembinaannya. YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 69.860 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

 (Wit/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment