News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perjuangan Pemeran Bu Tedjo ‘Tilik’ Kuasai Karakter Super Nyinyir

Perjuangan Pemeran Bu Tedjo ‘Tilik’ Kuasai Karakter Super Nyinyir

 

Bu Tejo dalam film pendek berjudul Tilik

WARTAJOGJA.ID: Pemeran Bu Tejo dalam film pendek berjudul Tilik, Siti Fauziah Saekhoni alias Ozie mencuat dan ramai dibicarakan di linimasa sosial media akibat perannya yang sangat unik dan mengundang tawa, gemes, serta kocak penonton.

Sebenarnya bagaimana cerita Ozie bisa sangat menghayati peran sebagai perempuan yang super nyinyir itu? Ternyata tak gampang loh, Wartaners....

Ozie harus melalui pengalaman cukup sulit dalam mendalami karakter Bu Tejo. Betapa tidak, peran Bu Tejo baru diterima Ozie beberapa hari menjelang syuting setelah adanya sutradara.

“Aku memang ikut dalam film Tilik ini, tapi sebelumnya bukan jadi tokoh utama. Sebenarnya ternyata sudah cukup sepuh, medannya lumayan berat hitungannya karena truknya tinggi jadi agak ngoyo dan sutradara kepikiran switch (ganti) detik-detik mau take. Dikasih waktu dulu karena kan lumayan panjang, intens dan medannya dari Dlingo sampai Bantul. Itu tahun 2018 dan terus sempat beberapa kali ketemu, reading, latihan dan take. Semua itu 2 mingguan seingatku karena ini film pendek,” ungkap Ozie.

Menjadi Bu Tejo ternyata memang membutuhkan effort besar dari Ozie. Terlebih karena ia harus menyampaikan dialog yang terhitung intens dan panjang di seluruh alur film.

Pemeran Bu Tejo dalam film pendek berjudul Tilik, Siti Fauziah Saekhoni alias Ozie

“Naskahnya cukup panjang dan itu tantangan terbesar karena switch di waktu dekat take dan adegannya berjalan. Kalau tokoh itu kebetulan aku berangkat dari panggung, yang namanya bedah naskah paling penting agar jelas dulu naskah termasuk PR keaktoran. Kubangun dulu latar Bu Tejo, situasi sosial yang dia bisa berkarakter julid padahal sebenarnya tidak, dia punya data yang dia dapat dari internet. Hal-hal itu yang kubangun di Bu Tejo itu. Aku berusaha membayangkan si tokoh ini, jadi outputnya ternyata ‘ngganyik’ banget itu,” imbuhnya tersenyum.

Ozie yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga selain berseni peran melakukan riset setiap hari karena ternyata karakter-karakter Tejo kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengeksplore pasar, pedagang, ibu-ibu lain yang ditemuinya setiap hari.

“Aku itu ibu-ibu yang tiap pagi ke pasar, ketemu pedagang dan ibu-ibu selesai belanja nggosip, kebayang juga bagaimana karakternya. Itu yang kupakai. Itu aja yang kuingat sampai ditubuhkan, agar saya bisa menjiwai tapi tidak edan,” imbuh seniman peran yang pernah bermain dalam film Mencari Hilal ini.

Kerja keras Ozie memerankan Bu Tejo pun berbuah manis saat film Tilik diunggah ke YouTube dan ditonton banyak sekali orang. Lini masa sosial media pun ramai memperbincangkan Tilik terutama Bu Tejo selama beberapa hari.

Film pendek berjudul Tilik yang viral

“Tidak menyangka dan senang sekali tidak sekelas Marvel dan Hollywood yang orang mau nonton. Lumayan membangkitan animo film pendek lain untuk ditonton. Gayeng mungkin karena relate dengan kehidupan sehari-hari. Senang dinikmati sebagai hiburan dan introspeksi diri,” sambungnya.

‘Dadi wong ki mbok sik solutip’. Kutipan ini belakangan langsung muncul dalam meme di pesan aplikasi. Ini adalah kata-kata Bu Tejo dalam film Tilik yang begitu saja mencuat ke masyarakat saat film tersebut ramai diperbincangkan orang.

Siapa sangka kata-kata ini sebenarnya tidak ada dalam naskah film Tilik karya Wahyu Agung Prasetyo. Dialog itu merupakan kreativitas Ozie, pemeran Bu Tejo yang berimprovisasi saat take gambar terjadi pada 2018 lalu.

 

 

“Tak laporke dulurku, dulurku yo pulisi sik bintange jejer-jejer lima kae lho, ra wedhi. Itu juga clekopanku yang tidak ada di naskah sebenarnya. Sampai sekarang kalau nonton Tilik itu kok, Ya Allah njijiki tenan to yo,” kelakar Ozie.

Kini, Ozie pun patut berbahagia karena aktingnya mendapat tempat tersendiri di hati penonton. Bahkan, sampai ada orang yang mengaku sangat suka meski sebenarnya tak tahu bahasa yang diucapkan.

 

“Banyak yang notice senang dengan film ini meski tak tahu bahasanya. Ya saya senang sekali, mudah-mudahan semakin banyak orang yang nonton film Indonesia,” katanya.

(Din/Nus)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment